Senin, 29 Agustus 2022

Extraordinary DAI Camp (EXO DC) Bangkitkan Semangat Dakwah Kembali


  Extraordinary DAI Camp (EXO DC) 
Bangkitkan Semangat Dakwah Kembali

Penulis: Indah Sundari | Editor: Ilaysiara

    Gardamedia.org-  Pada hari sabtu, 27 Agustus 2022 telah dilaksanakan kegiatan Extraordinary DAI Camp (EXO DC) yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (UKMI) AD-DAKWAH Universitas Sumatera Utara (USU). Kegiatan ini merupakan daurah sekaligus rihlah yang diikuti oleh alumni-alumni, serta seluruh elemen-elemen penggerak aktif dakwah kampus seperti, lembaga dakwah fakultas, organisasi keilmuan islam yaitu Smart Generation Commnunity (SGC) USU dan lainnya. Sebanyak 103 peserta yang tergabung di dalamnya. Acara ini berlangsung selama 2 hari, bertempat di Bumi Perkemahan Sibolangit, dengan mengusung tema “Ruhiyah Terpaut, Ukhuwah Terajut”.

“Adapun kegiatan acara ini dibentuk, dilatarbelakangi oleh semangat kader dakwah USU yang harus diperbaharui lagi dan ukhuwah terpaut kembali dalam menyambut pembelajaran tatap muka. Dimana, UKMI AD-Dakwah yang memiliki  15 lembaga dakwah fakultas harus tetap dirangkul dan disatukan kemabali visi dan misi dalam menjalankan roda amanah agar tetap dalam satu panduan dan tekad yang sama”, ucap Adit selaku ketua panitia.



Kegiatan ini diawali dengan tata tertib apel pagi sebagai pembuka kegiatan, dilanjutkan kembali dengan kegiatan seperti pemahaman materi, games, riyhadah, outbond dan kegiatan-kegiatan lain yang dapat memperat ukhuwah antarsesama. Pesan Ustadz Lukman Hakim yang tersirat untuk para kader dakwah kampus yaitu “Dakwah sebuah kewajiban fardhu ‘ain. Kalian adalah ummat yang menyuruh pada kebaikan dan mencegah pada kemungkaran. Mengapa harus berdakwah di kampus? Karena kampus adalah awal peradaban suatu negara. Sasarannya adalah mahasiswa yang nantinya dapat menjadikan transformasi masyarakat menjadi masyarakat madani, menjadi penyedia unsur-unsur kebaikan negara, dan tegaknya syariat agama Allah SWT.”

“Tentunya kita ingin lahirnya generasi baru yang tangguh dan bisa menjawab tantangan dunia kampus yang terus berkembang dengan pergerakan dari masing-masing organisasi yang digeluti. Tantangan terberat sebagai seorang pemimpin adalah untuk mencetak pemimpin selanjutnya. Dengan agenda ini apakah sudah menjawab tantangan itu? Atas izin Allah, saya ingin melihat perubahan yang lebih baik lagi pada mereka.” Ujar Eldi, presiden SGC.

Banyak harapan-harapan yang disampaikan oleh para ketua dari masing-masing organisasi. “Harapannya setelah dari agenda ini, seluruh kader-kader yang ada di USU kembali semangat untuk bisa bersinergi memberikan resonansi dakwah kepada civitas akademika terkhusus kepada mahasiswa/i di USU dan mampu memberikan pelayanan yang terbaik untuk adik-adik kita Mahasiswa Baru 2022 nantinya.” Tutur Jalal, selaku ketua bidang dakwah dan sosial BP2M Baiturrahmah FEB USU tahun 2020.

Acara ini berjalan lancar dengan antusias semangat dari para peserta dari awal hingga akhir acara. “Senang rasanya bisa bertemu teman-teman yang satu visi misi, orang-orang yang sholih/sholiha. Sudah sekian lama terjebak oleh pandemi, dan tidak berkumpul sesama para aktivis dakwah, jadi ketika melihat acara EXO DC kemarin, tergerak untuk mengikuti agar mengembalikan semangat berdakwah dan mencharge iman. Untuk teman-teman seperjuangan, mari sama-sama menyiapkan kembali amunisi untuk kembali bersemangat dalam mengahadapi dunia kampus yang lebih menantang, saling meyemangati, mendukung dan memotivasi dalam memperjuangkan dakwah dikampus kita tercinta.”, harap Hayyin salah satu peserta acara EXO DC.

Sebagai penutup, Ridho Abdillah yang saat ini menjabat sebagai ketua umum UKMI AD-DAKWAH, berharap dan menekankan kepada seluruh lembaga dakwah fakultas bisa aktif kembali bergerak dalam syiar islam. “Dan dalam waktu dekat juga perkuliahan tatap muka akan dilaksanakan serta mahasiswa baru USU tentunya mereka hadir langsung untuk melaksanakan perkuliahannya dan kita sebagai kader dakwah bisa memberikan sentuhan ataupun rangkulan dakwah islam kepada mereka, agar islam kembali harum di USU dan dikenal sebagai wadah yang dapat memberikan pengaruh yang lebih baik lagi dalam hal prestasi, partisipasi dan kontribusi  di USU. Untuk pengurus yang masih aktif terkhusus saya juga harus sadar akan tanggung jawabnya dalam menjalankan roda kepemimpinan pada amanah yang sudah diberikan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Extraordinary DAI Camp (EXO DC) Bangkitkan Semangat Dakwah Kembali

  Extraordinary DAI Camp (EXO DC)  Bangkitkan Semangat Dakwah Kembali Penulis: Indah Sundari | Editor: Ilaysiara      Gardamedia.org-   Pad...