Rabu, 15 Juni 2022

Shanaz Aktif Menjalankan Peran Sebagai Duta Genre Untuk Menghasilkan Generasi yang Tangguh di Sumatera Utara

 


Penulis : Gravity Publisher

Gardamedia.org (16/06/2022)    -Shanaz Salsabila Al Zamru gadis yang lahir di Kota Medan pada tanggal 16 Juni 2002 merupakan mahasiswi semester 4 Fakultas Hukum USU. Ia telah berhasil mengukir prestasi sebagai Runner Up 2 pada ajang pemilihan Duta Genre Kota Medan 2020 dan Runner Up 1 pada ajang pemilihan Duta Genre Sumatera Utara pada tanggal 26 Maret 2022. Pemilihan Duta Genre (Generasi Berencana) ini diselenggarakan oleh BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional). Keberadaan Duta Genre ditengah para remaja bertujuan untuk mensosialiasikan program GenRe melalui penyuluhan bagi remaja agar menjauhi Pernikahan Dini, Seks Pra Nikah dan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif) sehingga diharapkan para remaja dapat menjadi generasi yang tangguh dan dapat berkontribusi bagi pembangunan bangsa. Program GenRe bertujuan untuk alat edukasi terutama bagi remaja yang belum menikah dengan 4 substansi genre yaitu Bangga Kencana atau Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana, PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja), KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja), dan Life Skill (Keterampilan Remaja).

Shanaz sebagai Duta Genre mengemban tugas untuk memberikan penyuluhan dan menyampaikan materi tentang Genre kepada para remaja dan ia juga merupakan bagian dari Pendidik Sebaya Konsulat Sebaya (PSKS). Selama ini, Shanaz telah melakukan sosialisasi dan penyuluhan di berbagai wilayah kelurahan dan kecamatan Kota Medan seperti SMP Negeri 7, SMP Negeri 37, MAN 1, Kampung KB yang berada di Amplas, Medan Selayang, Medan Barat, Medan Timur, dan sebagainya.  Berbagai metode telah ditempuh Shanaz agar para remaja dapat memahami materi yang disampaikannya, misalnya membagikan kit yang berisikan materi hingga mengadakan games edukasi tentang alat reproduksi, kdrt, aborsi, dan sebagainya.

Shanaz menganggap kegiatan-kegiatan yang dilakukannya sebagai Duta Genre menambah pengalamannya sebagai fasilitator maupun sebagai motivator bagi remaja yang mempunyai permasalahan. Para remaja dapat mencurahkan permasalahannya dalam wadah yang disebut dengan Pusat Informasi dan Konseling-Remaja (PIK-R). Sebagai motivator, Shanaz bersama tim dalam PSKS membantu meringankan dan berusaha memberikan masukan untuk permasalahan para remaja yang biasanya malu atau tidak dapat berkomunikasi dengan keluarga mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Profil Ikhsan Dicky, Pembalap dari daerah yang memiliki beragam prestasi

  Penulis : Kawiwara Publisher            Gardamedia .org (23/06/2022)     Memiliki hobi dalam mengendarai mobil balap menjadikan pembalap b...