"YOGI JULIANSYAH : Mengharumkan Nama USU Hingga ke Turki - LPM Garda Media USU | Portal Berita Kampus

"YOGI JULIANSYAH : Mengharumkan Nama USU Hingga ke Turki

Share This

 

YOGI JULIANSYAH : Mengharumkan Nama USU Hingga ke Turki

Penulis : Arnita Sari Siagian


Gardamedia.org – (05/11) Yogi Juliansyah, pemuda asal Labuhanbatu Selatan yang mengenyam pendidikan tinggi di Program Studi Sastra Arab (2019), Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil mengharumkan nama USU di ajang International Youth Leader (IYL) Turki.


International Youth Leader merupakan ajang pelatihan dan pendidikan kepemimpinan untuk pemuda Indonesia yang dibentuk oleh CV. International Youth Leader. Ajang ini memiliki berbagai program, seperti Student Exchange, Leadership Camp, Halal Tour and Travel. Youth Leader sendiri difokuskan untuk melatih pemimpin muda yang berpotensi agar mandiri dan siap bersaing di kancah internasional.  Student Exchange difokuskan untuk pelatihan pemuda yang berpotensi agar mandiri dan siap menjadi pemimpin yang bersaing di kancah internasional serta sebagai sarana untuk mengenalkan ragam budaya Indonesia ke luar negeri.


Program pertukaran pelajar yang diikuti oleh Yogi berlangsung dari tanggal 22-29 September 2021 di negara Turki. Sebanyak 30 peserta yang mengikuti program ini berasal dari berbagai kampus di Indonesia dan luar negeri diantaranya adalah USU, UNDIP, UNPAD, UB, ITS, UIN Jakarta, UIN Bandung, Universitas Al-Azhar, dan kampus lainnya.


Mahasiswa Sastra Arab ini mengungkapkan bahwa motivasi terbesarnya mengikuti program tersebut adalah keinginan untuk mengembangkan kapasitas diri dan menebar kebermanfaatan di tengah masyarakat. “Motivasi saya mengikuti program ini karena saya merasa pengalaman saya masih sedikit selama perkuliahan, referensi ide untuk program sosial saya masih kurang. Saya ingin menambah ilmu mengenai kepemimpinan, memulai project sosial, bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Saya ingin terus memperbaiki diri dan mampu menjadi inspirasi bagi orang banyak.”, tutur Yogi saat diwawancarai secara virtual.


Yogi beserta delegasi lainnya mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Turki dan melakukan riset langsung mengenai pola interaksi sosial warga Turki. Setelah selesai riset, para delegasi melakukan FGD (Focus Group Discussion) untuk membahas hasil riset yang telah mereka lakukan. FGD dipimpin oleh panitia penyelenggara agar diskusi tidak keluar dari topik bahasan. “Setelah kami melakukan riset, kami melaksanakan diskusi antar delegasi dan jalannya diskusi dihandle oleh panitia.”, imbuh Yogi.


Program pertukaran pelajar International Youth Leader memberikan banyak pelajaran pada Yogi terutama mengenai keberagaman. Yogi mengakui bahwa selama kuliah, ia jarang sekali mendapat kesempatan untuk bertemu banyak orang secara langsung. “Setelah ikut program ini saya jadi lebih mampu memahami keberagaman karakter manusia dan saya jadi semakin yakin bahwa ada banyak orang baik di dunia ini. Kami para delegasi masih sering berkomunikasi. Saat ini kami sedang merancang beberapa program sosial. Mohon doanya agar bisa segera terlaksana.”, ucap Yogi.


Yogi berharap ke depannya semakin banyak mahasiswa USU yang menorehkan prestasi di kancah nasional dan internasional serta memberi manfaat kepada masyarakat sekitar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages