Menuju SNMPTN 2021 - LPM Garda Media USU | Portal Berita Kampus

Menuju SNMPTN 2021

Share This

 

Source: https://ltmpt.ac.id/

Menuju SNMPTN 2021
Penulis : Amelia Indah Sari


Gardamedia.org - (16/01) Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan jadwal penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 melalui website resminya.


Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, siswa yang bisa mengikuti SNMPTN 2021 sepenuhnya ditentukan oleh pihak sekolah. Sekolah akan menentukan siswa yang memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi jalur ini. Besaran kuota siswa yang dapat mendaftar SNMPTN di tiap sekolah dapat dilihat melalui laman https://www.ltmpt.ac.id

Berikut Persyaratan Peserta SNMPTN 2021 :

1. Siswa SMA/MA/SMK kelas 12

2. Memiliki prestasi akademik dan non akademik.

3. Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS.

4. Memiliki nilai rapor semester 1-5 yang telah diisikan di PDSS dan peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.

 

Berikut Persyaratan Pilihan Program Studi :

1. Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN.

2. Jika memilih dua program studi, salah satunya harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.

3. Disarankan tidak lintas minat.

 

Berikut Jadwal Kegiatan SNMPTN 2021 :

1. SNMPTN diawali dengan registrasi akun LTMPT di https://portal.ltmpt.ac.id. mulai tanggal 4 Januari -1 Februari 2021 pukul 15.00 WIB.

2. Tahap selanjutnya adalah pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Prosesnya dimulai pada 11 Januari - Februari 2021. PDSS merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang berhak mendaftar.

 3. Jika sudah memiliki akun LTMPT dan proses pengisian data di PDSS sudah lengkap, maka dapat melakukan pendaftaran SNMPTN yang berlangsung pada 15 Januari - 24 Februari 2021. Penerimaan SNMPTN didasarkan pada kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN. Kuota daya tampung setiap program studi untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SNMPTN ditetapkan minimum 20% dari daya tampung.

 4. Pengumuman hasil SNMPTN pada 22 Maret 2021 mendatang dengan dilanjutkan proses terakhir penerimaan SNMPTN yaitu pendaftaran ulang bagi peserta yang dinyatakan lulus, dapat dilihat langsung di laman perguruan tinggi negeri pilihan.


Perlu diketahui, bahwasanya siswa yang lulus SNMPTN 2021, 2020 dan 2019 tidak dapat mendaftar UTBK-SBMPTN 2021 dan sekolah kedinasan. Oleh karena itu, siswa diimbau agar lebih bijak dalam memilih jurusan kuliah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages