Indonesia Berduka : Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Rute Jakarta-Pontianak - LPM Garda Media USU | Portal Berita Kampus

Indonesia Berduka : Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Rute Jakarta-Pontianak

Share This

 


Indonesia Berduka : Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Rute Jakarta-Pontianak 

Penulis : Febrika Bulvia


Medan, Gardamedia.org – Pesawat Sriwijaya Air dengan rute Jakarta (Cengkareng)-Pontianak dikabarkan hilang kontak, pada Sabtu (9/1/2021). Terakhir kontak terjadi pukul 14.40 WIB. Pesawat Sriwijaya Air SJ182 dengan nomor registrasi PK-CLC terbang dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, menuju Pontianak. Kabar ini dimulai dari pemantauan pesawat disetiap perubahan menit pada pukul 14.00 WIB. Saat pukul 14.36 WIB pesawat Sriwijaya Air SJ 182 mulai take off dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Pontianak. Namun, saat itu kondisi cuaca tidak mendukung dan pihak kabin Sriwijaya Air SJ 182 akhirnya melakukan pengunduran (delay) penerbangan, maka dengan itu pihak Sriwijaya Air SJ 182 mengambil keputusan bahwa pesawat dapat melakukan penerbangan pada saat pukul 14.36 WIB.


Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 ini sempat dinyatakan hilang kontak dalam pemantauan, dan mendapat kabar bahwa pesawat tidak terdeteksi sesuai arah jalur penerbangan sebagaimana mestinya. Dalam penerbangan ini, Sriwijaya Air SJ 182 mengangkut 62 penumpang dan awak; 46 penumpang dewasa, 7 penumpang anak-anak, 3 penumpang bayi dan 6 kru pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Pada saat dinyatakan tidak sesuai dengan arah jalur penerbangan, Tim SAR Gabungan langsung dikerahkan menuju lokasi yang telah terdeteksi keberadaannya melalui kotak hitam (black box) Sriwijaya Air SJ 182, di kedalaman 17-20 meter. Tim SAR Gabungan mendapati beberapa puing-puing badan pesawat dan barang-barang para penumpang lainnya (10/1).


Penemuan puing-puing pesawat Sriwijaya Air SJ 182 menyebabkan tersebar luasnya kabar duka cita ini. Masyarakat Indonesia turut berduka cita yang mendalam atas musibah yang terjadi saat ini. Semoga proses evakuasi segera terselesaikan, semua korban jiwa Sriwijaya Air SJ 182 dapat ditemukan. Semoga amal ibadah para korban diterima Allah dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan ketegaran dalam menghadapi cobaan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages