Tim Bolang USU- Sulap Limbah Biji Durian di Kota Medan Menjadi Mie Organik - LPM Garda Media USU | Portal Berita Kampus

Tim Bolang USU- Sulap Limbah Biji Durian di Kota Medan Menjadi Mie Organik

Share This

 


Tim Bolang USU- Sulap Limbah Biji Durian di Kota Medan Menjadi Mie Organik

Penulis : Team Bolang USU  | Editor : Resi Triana Sari

 

            Gardamedia.org- Apakah bisa limbah biji durian dikonsumsi ? Limbah biji durian di masyarakat umumnya jarang dimanfaatkan kembali untuk dikonsumsi dan malah berakhir menjadi sampah yang terbuang begitu saja. Namun, jika limbah biji durian tersebut diberikan kepada lima mahasiswa kreatif asal Universitas Sumatera Utara, limbah biji durian yang semula tidak memiliki nilai ekonomis, dapat diubah menjadi Mie Organik yang sehat untuk dikonsumsi.

 

Kelima mahasiswa USU yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), yakni Annisa Fatia Harahap (FKM 2018), Fany Azlia Lubis (FKM 2018), Rizka Ramadhani (Peternakan 2018), Andima Setiawan (Peternakan 2018), dan Zulfaijal Pohan (Agroteknologi 2018) didampingi oleh dosen pendamping, Galih Ari Wirawan Siregar, S.Pt., M.Si berhasil mengusungkan ide mereka dengan judul “MIE BOLANG (Biji Durian Andaliman Bunga Telang) Medan” dalam seleksi ajang bergengsi bagi mahasiswa perguruan tinggi seluruh Indonesia tersebut.

 

Limbah biji durian saat ini kurang dimanfaatkan masyarakat, padahal biji durian mengandung nilai gizi yang tinggi, seperti pati (amilum) yang cukup tinggi dengan kadar (43,6 %) dari total kandungannya. Diantara khasiatnya adalah sebagai sumber energi yang baik bagi tubuh serta melancarkan pencernaan. Perkembangan teknologi pangan terus berjalan, namun biji durian masih sangat sedikit dimanfaatkan, padahal biji durian memiliki nilai jual yang tinggi jika diolah dengan tepat sebagai bahan pangan. Oleh karena itu, team Bolang USU mencoba menemukan solusi yang tepat dalam penanganan limbah ini, dengan cara mengolahnya menjadi Mie Bolang Medan.

 

Mie Bolang Medan merupakan inovasi pengolahan biji durian, dengan penambahan andaliman dan daun telang sebagai pelengkap yang diolah sedemikian rupa, sehingga menghasilkan mie organik yang aman, unik dan bergizi, serta memiliki nilai jual di masyarakat. Untuk kedepannya perlu dilakukan evaluasi dan inovasi baru yang dapat memanfaatkan limbah biji durian ini, sehingga menjadi alternatif usaha yang menjanjikan dan menambah lapangan pekerjaan khususnya di kalangan mahasiswa. Team Bolang USU sangat berharap semoga mie ini nantinya dapat bermanfaat di masyarakat, bukan hanya mengurangi limbah, namun menjadi pilihan makanan yang menyehatkan untuk masyarakat Indonesia, khususnya Medan.

 

Mari menjaga kesehatan diri dan keluarga, serta menyelamatkan bumi dari limbah biji durian, menggunakan produk lokal yang bergizi, unik dan menyehatkan dengan mengkonsumsi mie bolang-karya anak bangsa untuk Indonesia.

 

 http://www.gardamedia.org/2020/09/tim-bolang-usu-sulap-limbah-biji-durian.html

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages