Sinabung Kembali Erupsi Setelah 10 Tahun, Abu Vulkanik Mencapai 5 KM - LPM Garda Media USU | Portal Berita Kampus

Sinabung Kembali Erupsi Setelah 10 Tahun, Abu Vulkanik Mencapai 5 KM

Share This

Source: cnnindonesia.com

Sinabung Kembali Erupsi Setelah 10 Tahun, Abu Vulkanik Mencapai 5 KM
Penulis : Intan Sahara

Gardamedia.org – Gunung  Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara dengan ketinggian 2.460 meter dari permukaan laut (dpl) ini kembali mengalami erupsi pada Senin (10/08) setelah pertama kali meletus pada 27 Agustus ,10 tahun silam. S
Semburan abu vulkanik Sinabung kali ini diperkirakan kurang lebih setinggi 5.000 meter dan merupakan erupsi yang ketiga kalinya terjadi dalam kurun waktu 3 hari.
Sebelumnya, pada Sabtu (08/08) sekitar pukul 01.58 WIB, Sinabung juga mengalami erupsi dan mengeluarkan abu vulkanik setinggi 2.000 meter.
 
Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Kepala Pos Pemantau Gunung Sinabung, Armen Putra mengatakan bahwa kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke timur dan tenggara, sehingga erupsi ini menyebabkan kota Berastagi menjadi gelap layaknya pada malam hari, meskipun erupsi tersebut terjadi pada pukul 10.45 WIB seperti yang dilansir pada Liputan6.com.
"Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik”. Ujar Armen.
Armen juga mengimbau kepada masyarakat dan wisatawan untuk tidak mengunjungi daerah yang sudah direlokasi dan diwajibkan untuk tidak berada pada radius 3 km dari puncak Gunung Sinabung serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara. Terkhusus kepada masyarakat yang bermukim di daerah dekat sungai-sungai yang berhulu di Sinabung, agar tetap waspada terhadap bahaya banjir lahar panas maupun dingin.
"Hingga hari ini intensitas dan kekuatan gempa Gunung Sinabung masih terus meningkat dan berpotensi kembali terjadi erupsi susulan. Status Gunung Sinabung masih Siaga Level III". Ucap Armen.

http://www.gardamedia.org/2020/08/sinabung-kembali-erupsi-setelah-10.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages