Proses Administrasi USU disaat Lockdown - LPM Garda Media USU | Portal Berita Kampus

Proses Administrasi USU disaat Lockdown

Share This

 


Proses Administrasi USU disaat Lockdown

Penulis: Arnita Siagian | Editor: Munir Suteja


Gardamedia.org – Universitas Sumatera Utara (USU) kembali mengeluarkan surat edaran perpanjangan masa penutupan kampus (lockdown) dari seluruh aktivitas hingga tanggal 15 Agustus 2020. Perpanjangan masa lockdown ini ternyata berdampak bagi mahasiswa,yakni keresahan yang dirasakan saat proses pengurusan administrasi di beberapa Fakultas hingga tingkat Universitas. Mahasiswa yang ingin mengurus masalah surat-menyurat, seminar dan sidang merasa Work From Home  (WFH) yang ditawarkan pihak kampus kurang efektif dikarenakan berbagai kesulitan didalamnya.


Berdasarkan pernyataan salah satu narasumber yang tidak ingin disebutkan namanya, mengaku bahwa pengurusan surat magang selama WFH terasa begitu sulit. “Pengajuan surat magang cukup sulit dilakukan. Prosesnya terlalu bertele-tele. Seharusnya, setelah mendapat izin dari dosen, surat izin magang dan surat jalan untuk magang sudah bisa diurus ke pihak tata usaha. Kami berharap semoga proses administrasi di Fakultas bisa lebih terstruktur dan terorganisir dengan baik,” tuturnya. 


Beda halnya di beberapa Fakultas, contohnya Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) USU. Pengurusan administrasi di FISIP USU tidak terhambat meskipun program WFH sedang dijalankan. Aplikasi Satu Atap (ASA) adalah platform resmi FISIP USU yang menjadi andalan mahasiswa FISIP USU saat mengurus administrasi. Tuaian tanggapan positif terhadap ASA semakin ramai ketika beberapa mahasiswa FISIP USU menggunakan akun media sosial untuk mempromosikan kemudahan pengurusan administrasi selama masa pandemi.


“Saya pernah menggunakan aplikasi ASA untuk mengurus surat aktif kuliah. Di website ASA ada pilihan daftar surat apa yang hendak diurus. Selain mengisi data diri, biasanya diperlukan berkas-berkas seperti KHS, KRS dan KTM. Prosesnya cukup cepat, 3 sampai 4 hari sudah selesai,” tutur Syahrun Nisa salah satu mahasiswi Administrasi Negara FISIP USU.


Work from home memang langkah yang tepat untuk dilaksanakan berhubung masih banyaknya kasus COVID-19 yang terus bertambah di lingkungan Universitas Sumatera Utara, namun keefektifan pengurusan masalah administrasi di berbagai fakultas perlu dievaluasi lagi. Pengurusan administrasi di FISIP seharusnya bisa dijadikan contoh yang efektif digunakan saat pandemi ini.

http://www.gardamedia.org/2020/08/proses-administrasi-usu-dikala-lockdown.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages