Pandemi Tidak Merenggut Semangat Dirgahayu Fakultas Farmasi USU - LPM Garda Media USU | Portal Berita Kampus

Pandemi Tidak Merenggut Semangat Dirgahayu Fakultas Farmasi USU

Share This

 

Pandemi Tidak Merenggut Semangat Dirgahayu Fakultas Farmasi USU

Penulis : Resi Triana Sari


Gardamedia.org- Sabtu (8/8) merupakan puncak dari serangkaian acara perayaan Dies Natalis Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara (USU) yang ke-14 tahun secara daring. Pelaksanaan Dies Natalis Fakultas Farmasi USU ke-14 ini meliputi 3 kegiatan utama, yakni pengabdian kepada masyarakat, lomba nasional kemahasiswaan ‘Pharmacy National Competition’  dengan mengusung tema BISA: “Be Inspiring, Smart and Active during the Pandemic”  dan sub tema ‘Peran Generasi Muda dalam Penanganan Covid-19’ yang diikuti oleh mahasiswa kesehatan USU dan universitas lainnya, serta dimeriahkan dengan webinar dan pengumuman pemenang ‘Pharmacy National Competition’  sebagai puncak acara.


Pandemi yang melanda saat ini, tak mampu merenggut semangat Fakultas Farmasi USU dalam menyambut serta melaksanakan Dies Natalis sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya yang selalu diselenggarakan dengan sangat meriah, dimana acara puncak perayaan Dies Natalis dilakukan dengan gathering alumni, sivitas akademika dan mahasiswa dengan melaksanakan jalan santai, senam sehat, pengabdian kepada masyarakat berupa pemeriksaan kesehatan dan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) oleh Apoteker, beragam perlombaan nasional, bazar, hiburan musik serta seremonial pengguntingan pita dan pelepasan balon. Sehubungan dengan kondisi dan situasi pandemi Covid-19, maka Dies Natalis Fakultas Farmasi USU ke-14 ini diganti dengan 3 kegiatan tersebut yang keseluruhannya dilaksanakan secara daring.

 

“Tema Dies Natalis Fakultas Farmasi ke-14 tahun 2020 ini adalah “Our Contribution”. Tema tersebut mengandung makna segenap sivitas akademika Fakultas Farmasi USU, alumni dan mahasiswa mempunyai komitmen bersama untuk memberikan kontribusi terbaik terhadap Fakultas Farmasi USU dengan terus mengembangkan kualitas diri serta memberikan prestasi baik pada skala nasional ataupun internasional. Tema tersebut akan menjadi jiwa dari segenap kegiatan yang diselenggarakan pada Dies Natalis Fakultas Farmasi USU ke-14 ini. Pada Dies Natalis tahun ini, keseluruhan kegiatannya dilaksanakan secara daring, dikarenakan pandemi Covid-19, akan tetapi hal tersebut tidak menyurutkan semangat untuk merayakan ulang tahun Fakultas Farmasi yang kita cintai ini.” Sambut Embun Suci Nasution, SSi., M.Farm.Klin. Apt. selaku ketua panitia Dies Natalis Fakultas Farmasi USU ke-14 dalam webinar yang diselenggarakan pada akhir serangkaian acara.



Webinar yang diawali dengan kata sambutan dari Ketua Panitia Dies Natalis Fakultas Farmasi USU, Ketua Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (PD IAI), Dekan Fakultas Farmasi USU dan diakhiri dengan sambutan dari Rektor USU ini mengusung tema ‘Our Collaboration’ dengan dua materi yang sangat menarik, yakni “Penyediaan dan Ketersediaan Obat yang Berkualitas Tinggi Harus Tetap Terjamin dalam Masa Pandemi oleh apt. Butet B Manurung, S.Si., M.Kes. selaku Quality General Manager PT. Kalbe Farma. Tbk/ GMP Expert for WHO PQ kemudian dilanjutkan dengan materi “Upaya dan Layanan Apotek di tengah Pandemi” yang dibawakan oleh apt. Ermansyah Siregar., S.Si. selaku Manager Bisnis PT. Kimia Farma Apotek.

 

“Alhamdulillah seluruh rangkaian kegiatan Dies Natalis Fakultas Farmasi USU ke-14 berjalan sukses dan lancar. Dibuktikan dengan antusiasme peserta yg mengikuti lomba nasional dan webinar (sekitar 1400 peserta baik apoteker,  alumni dan mahasiswa) serta dapat memfasilitasi apoteker dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Harapannya, walaupun perayaan Dies Natalis Fakultas Farmasi USU ke-14 dilaksanakan secara daring, akan tetapi dapat menjadi bentuk silaturahim antar alumni, sivitas akademik dan mahasiswa serta memberikan motivasi dan semangat untuk memberikan kontribusi terbaik bagi Indonesia, Fakultas Farmasi USU dan masyarakat dengan masyarakat luas. Harapan Fakultas Farmasi USU semoga kedepannya semakin jaya dan terus berkarya, khususnya dapat menjadi World Class University.” urai Beliau.

 

Tak kalah serunya, video ‘Rayuan Pulau Kelapa’ yang merupakan kolaborasi dari seluruh alumni Fakultas Farmasi USU angkatan 1969-2013 yang berada di seluruh Indonesia, dapat dilihat pada akun Instagram Dies Natalis Fakultas Farmasi USU menjadi bukti bahwa pandemi benar-benar tak mampu merenggut semangat Fakultas Farmasi USU dalam merayakan Dies Natalis Fakultas Farmasi USU ke-14 ini.


“Secara keseluruhan, tidak ada halangan yang berarti, dikarenakan saya didukung penuh oleh Rektor USU dan jajarannya, Dekan Fakultas Farmasi USU (Prof. Dr. Masfria, MS., Apt.) dan dekanat, sivitas akademik, dibantu oleh panitia yang hebat  yang bekerja sesuai dengan tupoksinya, sehingga Alhamdulillah keseluruhan kegiatan Dies Natalis Fakultas Farmasi USU ke-14 berjalan sukses dan lancar. Acara puncak berupa Webinar yang dilaksanakan pada Sabtu, 8 Agustus 2020 merupakan kegiatan yang membutuhkan koordinasi, kerjasama dan konsentrasi tinggi dalam pelaksanaannya karena baru pertama kali dilakukan, alhamdulillah didukung oleh Rektor USU dan jajarannya, Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia, Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Sumatera Utara, Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Kota Medan, stakeholders, Ikatan Alumni Farmasi USU, Pemerintahan Farmasi USU, sivitas akademik,  seluruh panitia dan mahasiswa Fakultas Farmasi USU.” Jelas Embun Suci Nasution saat dipaparkan pertanyaan terkait hambatan dalam mempersiapkan serangkaian acara pada Dies Natalis Fakultas Farmasi USU.


“Pesan saya, semoga keseluruhan kegiatan Dies Natalis Fakultas Farmasi USU ke-14 ini bermanfaat menguatkan tali silaturahmi dapat menjadi motivasi dan semangat untuk tetap memberikan kontribusi terbaik kita untuk Indonesia, Fakultas Farmasi USU dan masyarakat luas. Mohon maaf apabila ada kesalahan atau ketidaksempurnaan selama pelaksanaan Dies Natalis Fakultas Farmasi USU ke-14 ini dan semoga dapat melaksanakan Dies Natalis Fakultas Farmasi USU yang lebih baik lagi di tahun-tahun berikutnya.” akhirnya dalam wawancara secara daring tersebut.


Menginjak usia yang ke 14 tahun ini Fakultas Farmasi USU yang terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) ini telah banyak menyumbangkan  prestasi cemerlang, baik dari pihak mahasiswa maupun para dosen sendiri di tingkat Nasional hingga Internasional dan diharapkan dapat terus menjadi Fakultas yang memberikan kontribusi terbaik di bidang kesehatan untuk masyarakat Indonesia.


Dirgahayu Fakultas Farmasi USU... Selamat memperingati Dies Natalis Fakultas Farmasi USU yang ke-14 tahun, semoga mampu meraih visi dan misi yang telah dicanangkan.

 

http://www.gardamedia.org/2020/08/pandemi-tak-renggut-semangat-dirgahayu.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages