Mengabdi Online di Tengah Pandemi - LPM Garda Media USU | Portal Berita Kampus

Mengabdi Online di Tengah Pandemi

Share This

Source: lppm.usu.ac.id

Mengabdi Online di Tengah Pandemi
Penulis : Intan Sahara dan Arnita Siagian | Editor : Resi Triana Sari

Gardamedia.org – KKN-PPM (Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat) merupakan salah satu perwujudan dari Tri Darma Perguruan Tinggi. KKN-PPM adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu.

Ditengah pandemi COVID-19 yang sedang menghantui bumi, seluruh lapisan masyarakat diwajibkan untuk melakukan kegiatan secara daring (online) mulai dari bekerja, berdagang, belajar, rapat, hingga Kuliah Kerja Nyata (KKN) pun dilaksanakan secara daring. Tak sedikit kampus yang menerapkan sistem KKN online ini, salah satunya Universitas Sumatera Utara (USU). Hal ini dilakukan untuk mendorong semangat mahasiswa agar tetap berkontribusi dalam mengedukasi serta membangun desa-desa terbelakang di pelosok Indonesia, terutama di daerah Sumatera Utara.

Program KKN-PPM USU tahun 2020 ini akan dilakukan secara daring dan/atau pertemuan fisik minimal dengan tetap mengikuti protokol penanganan COVID-19 yang ketat.
Tahun ini menjadi tahun pertama bagi mahasiswa dalam menjalankan KKN online. KKN online ini direncanakan berlangsung selama kurang lebih satu bulan sejak 1 Juli 2020.

Mutia Irhamni, salah satu mahasiswi program studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara menuturkan “Tantangan menarik kegiatan KKN online adalah saat kami harus membuat proposal program kerja secara individu. Program kerja yang saya tawarkan adalah mini library. Selain itu, saya juga mengusulkan untuk membuat online english teaching melalui media sosial berupa Youtube” (28/06/20).    

Selama menjalani KKN secara daring nantinya, Mutia bersama rekan-rekannya menggunakan platform USU E-Learning. Di dalam platform USU E-Learning tersebut tertera tugas apa yang harus dilakukan seperti membuat infografis, pengetahuan umum tentang desa dan kuis. Selain itu, mereka juga mendiskusikan tentang program kerja yang akan dilakukan oleh rekan satu timnya. “Sharing our opinion with another member cukup menyenangkan”, terang Mutia.

“Sebelum KKN daring ini kami sering lakukan diskusi-diskusi ringan untuk mempersiapkan agenda”, tutur salah satu mahasiswa Fakultas Pertanian USU yang tak ingin disebutkan namanya.
Sebelum melaksanakan KKN secara daring, Mutia mengikuti sosialisasi daring berupa Live chat di Youtube. Sosialisasi ini berisi penjabaran mekanisme KKN secara daring.

“Kami harus membuat project secara online. Kami membuat project dengan konsep budaya dari desa dan mengaitkannya dengan Covid-19. Ada juga project rekan saya dengan konsep kesehatan membuat video tutorial bagaimana cara membuat handsanitizer. Video ini dikirimkan kepada kepala desa dan ditonton oleh warga desa”, terang Mutia.

KKN online memang memiliki kesan tersendiri bagi mahasiswa yang  akan melaksanakannya, selain menghemat tenaga dan waktu, KKN online juga merupakan salah satu tindakan preventif mengurangi penyebaran virus Corona. Meskipun berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, mahasiswa tetap harus berusaha semaksimal mungkin mengabdi kepada masyarakat dengan menjalankan KKN online tersebut. Dengan berkarya, bekerja dan mengabdi dari rumah saja kita sudah ikut menghentikan rantai penyebaran virus Corona di Indonesia. #Stayathome, Stay healthy !



http://www.gardamedia.org/2020/06/mengabdi-online-di-tengah-pandemi.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages