Tim Horas : Pentingnya Pelatihan Magang Sebelum Masuk Organisasi - LPM Garda Media USU | Portal Berita Kampus

Tim Horas : Pentingnya Pelatihan Magang Sebelum Masuk Organisasi

Share This

Dunia perkuliahan tentu tidak akan lepas dari berbagai kesibukan yang tentunya akan menyita waktu mahasiswa. Seperti halnya Tim Horas USU yang selalu giat menjalani kesibukan perkuliahan setiap harinya. Tim Horas sendiri merupakan salah satu organisasi kemahasiswaan yang berada  dibawah naungan Universitas Sumatera Utara dan berada di fakultas teknik. Tim Horas yang kembali membuka open recruitment 1 bulan terakhir berhasil menarik perhatian 30 mahasiswa lainnya. Ada beberapa tahapan yang dibuat untuk sampai ke tahap magang seperti pendaftaran lewat email hingga menulis essay. Tentunya sebelum memasuki organisasi ini, peserta magang harus dipersiapkan terlebih dahulu melalui proses magang selama beberapa bulan. Mereka akan dibagi dalam beberapa divisi, sehingga yang lolos nantinya dapat memilih divisi mana yang cocok sesuai keahlian yang mereka punya.
Proses magang ini kita buat supaya nantinya anggota baru yang masuk ke dalam tim horas lebih paham mengenai keahlian yang dimiliki, jadi mereka tidak hanya sekedar bergabung  tapi bisa memberi kontribusi dalam tim.” ungkap Eben Pangaribuan selaku manager Tim Horas.
Tim horas yang mempunyai prinsip kekeluargaan serta solidaritas yang tinggi membuat tim ini mampu bertahan sejak tahun 2012 lalu. Hal itu jugalah yang tampak dalam suasana magang (20/5). Saat mewawancarai Vincent yang merupakan salah satu peserta magang, dirinya mengatakan bahwa ilmu yang didapatkan dari kampus saja belum cukup, ia harus mampu mengaplikasikan teori kedalam praktek sehingga bisa menjadi seimbang.
Selama ini kan yang dipelajari diperkuliahan itu masih teori-teori, kalau pun ada praktek yang dilakukan di lab itu hanya beberapa bulan. Jadi di sinilah aplikasi dari perkuliahan itu diterapkan, sehingga teori dan praktek jadinya seimbang, ujarnya.
Untuk menjadikan tim yang berprestasi tentu bukanlah hal  yang mudah. Tim Horas harus mampu mengimbangi perkuliahan dan organisasinya. Untuk itu anggota yang dibutuhkan oleh tim ini harus benar-benar mampu bekerja sama dalam tim. Namun, Vincent mengungkapkan bahwa ia sudah mempersiapkan dirinya untuk hal tersebut dan akan bekerja secara profesional dalam tim.
Saya melihat bahwa tidak ada senioritas dalam Tim Horas, dan di sini saya akan bekerja secara profesional, bekerja untuk menang dan bekerja untuk mewujudkan yang terbaik.” ungkapnya.

Penulis : Rays Publisher


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages