Ikatan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Gelar Serangkaian Festival Literasi - LPM Garda Media USU | Portal Berita Kampus

Ikatan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Gelar Serangkaian Festival Literasi

Share This



Gardamedia.org - Mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan atau yang dikenal dengan sebutan IMPUS ( Ikatan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan) memasuki hari kedua penyelenggaraan festival literasi di pelataran Fakultas Ilmu Budaya (15/03).

Acara ini merupakan acara perdana dari  Himpunan Mahasiswa Jurusan/ HMJ IMPUS. Dengan konsep sedemikian rupa, festival ini bertujuan untuk menjadi wadah bagi komunitas literasi yang ada di kota Medan dan Universitas Sumatera Utara. Festival literasi ini akan menjadi acara besar tahunan dari HMJ  tersebut. Selain itu, diharapkan acara ini menjadi langkah awal masyarakat untuk membudayakan membaca serta sebagai  sarana untuk terhindar dari informasi- informasi bohong atau hoax karena kurangnya minat masyarakat untuk membaca.

Diadakan selama dua hari pada Kamis dan Jum’at (15-16), Nurul Akhswana selaku ketua panitia mengatakan “persiapan panitia lebih tepatnya dua bulan terakhir, karena banyaknya jadwal libur sebelumnya, dan terlaksana sebagai wadah komunitas literasi yang ada di Medan untuk silaturahmi, saling koordinasi antar komunitas” pungkasnya.

Komunitas literasi yang hadir  dalam acara ini beragam, ada beberapa dari mereka menyediakan buku untuk dibaca, ada juga yang menjual buku bagus dan murah. Nurul juga mengatakan dampak dari acara ini membuat masyarakat tidak menerima informasi dengan gampang, apalagi mudah nya mengakses literasi digital yang kebanyakan masyarakat hanya membaca informasi pada bagian luarnya saja.

Festival literasi ini tidak hanya menampilkan stand buku, namun ada stand makanan, penampilan dari band lokal kota Medan, serta ada workshop tentang penelurusan literatur dan plagiarisme. Harapan dari acara ini, masyarakat harus lebih mengenal apa itu literasi, dan besar harapan panitia agar mendapat dukungan dari pihak kampus untuk mensukseskan acara ini.




Penulis: Munir Suteja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages