Mahasiswa Harus Taat Resolusi, Ini Kuncinya! - LPM Garda Media USU | Portal Berita Kampus

Mahasiswa Harus Taat Resolusi, Ini Kuncinya!

Share This
Sumber: Google

Menjadi seorang mahasiswa adalah salah satu mimpi seseorang untuk menggapai mimpi- mimpinya di kemudian hari. Menempuh studi dari sekolah dasar, hingga ke jenjang yang lebih tinggi.  Memang butuh perjuangan untuk menempuh itu semua. Segala prosesnya lah yang membuat kita belajar dan semakin dewasa ke depannya.

Tahun demi tahun yang terlewati juga harus dipastikan berjalan dengan baik dan lebih baik lagi. Soal waktu kita hanya bisa berencana, tapi Allah yang punya kehendak. Namun jika perencanaan kita baik dan usaha juga mumpuni, insyaallah terlaksana. Namun kebanyakan, dalam mengatur waktu masih banyak  mahasiswa yang tidak dapat memanajemen secara baik. Sehingga terkadang hari-harinya tidak produktif, ditambah lagi banyak agendanya yang terbengkalai. 

Sebagai kaum intelektual muda, yang tertanam di diri kita bahwa kita adalah agent of change. Perubahan ada di tangan kita mahasiswa, perlu usaha ekstra untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita bangsa. Maka dari itu semua harus dimulai dari diri sendiri,  menjadi seseorang yang dapat mengatur jadwalnya secara mandiri dan dapat memanfaatkan waktu kita kedalam hal- hal yang berguna. 

Ada beberapa tips yang bisa ditiru agar kita sebagai mahasiswa menjadi produktif dan profesional dalam hal mengatur jadwal harian. Hitung-hitung resolusi di tahun 2019 nih.

1. Membuat jadwal kegiatan (harus tertulis)
Disarankan untuk tidak membuat jadwal di dalam otak, terutama bagi  yang mudah lupa. Buatlah sebuah daftar kegiatan yang akan dilakukan beserta waktunya di kertas, kalender, atau aplikasi pencatat jadwal di smartphone kita. Hal ini akan membuat kita tidak mudah lupa dengan kegiatan yang sudah direncanakan. Keseharian pun menjadi lebih terstruktur.

2. Mengatur jadwal kegiatan secara fleksibel
Jadwal kegiatan yang kita susun mungkin kadang-kadang tidak sesuai dengan kenyataan. Kegiatan yang kita prediksi akan selesai dalam durasi tertentu bisa saja selesai lebih lama atau bahkan lebih cepat dari prediksi sebelumnya. Jadi, luangkan sedikit waktu untuk kegiatan-kegiatan yang tidak bisa tepat waktu saat mulai atau selesai.

3. Memprioritaskan kegiatan tertentu
Jika kita mempunyai kegiatan-kegiatan yang memiliki jadwal yang sama, maka harus menentukan kegiatan mana yang lebih penting untuk dilakukan. Jika memungkinkan, kita juga bisa mengalokasikan kegiatan yang tidak diprioritaskan pada waktu tertentu ke waktu yang lain.

4. Fokus pada satu kegiatan
Salah satu hambatan yang bisa membuang-buang waktu kita, ketika beraktivitas adalah melakukan lebih dari satu kegiatan pada satu waktu atau multitasking. Selesaikan terlebih dahulu suatu kegiatan sebelum berlanjut ke kegiatan yang lain. Lakukan secara bertahap sehingga kegiatan-kegiatan kita menjadi lebih efektif.
Jika memang ada sesuatu yang memaksa kita untuk multitasking, maka solusinya adalah dengan menyicil. Artinya, selesaikan satu kegiatan secara bertahap. Misalnya, pada satu waktu kita menyelesaikan kegiatan tertentu 25% dan pada lain waktu 50%, 75%, dan seterusnya hingga selesai.

5. Membuat sub-sub kegiatan dari setiap kegiatan
Ini bertujuan agar kita tidak menyelesaikan masalah yang sudah diselesaikan sebelumnya dari suatu kegiatan. Buatlah sub-sub kegiatan dari satu kegiatan dan checklist yang sudah selesai dikerjakan. Intinya, hindarilah redudansi dalam mengerjakan sesuatu sehingga kegiatan yang seharusnya selesai pada waktu tertentu tidak berlarut-larut.

6. Hentikan tunda-menunda
Hal yang mungkin beberapa orang lakukan adalah menunda-nunda. Jika kegiatan kita tidak memungkinkan untuk ditunda, maka janganlah menunda kegiatan tersebut. Jika kita mempunyai kebiasaan tersebut, alangkah baiknya untuk menghapusnya. Jangan biarkan kegiatan kita berlarut-larut.

7. Carilah luang waktu untuk bersantai
Arti dari “bersantai” bukanlah malas. Akan tetapi, kita sungguh perlu meluangkan waktu untuk bersantai sejenak, refreshing, dan istirahat setelah beraktivitas. Ini berdampak baik pada kesehatan kita supaya kita tidak stress. Misalnya, berolahraga, nongkrong bersama teman, bermain game, membaca buku tetapi tetap memerhatikan waktu supaya waktu yang kita gunakan untuk bersantai tidak menggangu kegiatan-kegiatan lain.

Itulah beberapa tips untuk kita mahasiswa dalam memanajemen waktu, sehingga kita bisa menjadi mahasiswa yang produktif dan tidak menyia- nyiakan waktu kita, karena memang waktu adalah uang. Jika kita membuang- buang waktu kita itu artinya kita telah membuang uang. Jadi, ayo ubah kebiasaan buruk kita dalam mengatur jadwal kita setiap harinya dan jadilah manusia yang lebih bermanfaat lagi untuk sesama.

Penulis: Munir Suteja
Editor: Vivi Ariani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages