Asiknya Ramadhan di Kota Medan - LPM Garda Media USU | Portal Berita Kampus

Asiknya Ramadhan di Kota Medan

Share This







Gardamedia.org- Bulan suci ramadhan, bulan ke-9 dalam kalender hijriah ini memang sangat ditunggu-tunggu kedatangan nya. Diantara lain keistimewaan bulan ramadhan ialah dilipatgandakannya segala kebaikan dan diampuni dosa-dosa di masa lalu, serta dibukakannya pintu-pintu surga. Setiap umat muslim yang bertakwa diwajibkan berpuasa pada bulan  ini.

Kota Medan mempunyai tradisi tersendiri dalam merayakan semarak ramadhan setiap tahun nya. Moment bulan ramadhan dimanfaatkan Pemerintah Kota untuk menjalin silaturahim dan menambah semarak masyarakat muslim se kota Medan. Pemerintah Kota bekerjasama dengan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) kota Medan yang dipimpin langsung  oleh bidang keagamaan dalam mengadakan dan menyediakan arena semacam pasar ramai, yaitu Ramadhan Fair yang pada tahun ini merupakan Ramadhan Fair ke-15.

Persiapan yang matang telah dilakukan Pemerintahan Kota (PemKo) Medan untuk mengadakan dan menyediakan arena Ramadhan Fair XV, mulai dari pengecekan hygiene dan sanitasi arena Ramadhan Fair oleh Dinas Ketahanan Pangan, serta penjagaan seluruh pintu pada arena Ramadhan Fair yang dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Medan.

Arena Ramadhan Fair XV berada di tengah jalan tepat di sebelah Masjid Raya Al-Mashun,  Jln. Sisingamangaraja Medan. Arena ini dipenuhi dengan stan-stan penjual makanan untuk berbuka puasa, dan ada juga stan penjual pakaian serta buku-buku islami. Setiap pedagang yang membuka stan di arena Ramadhan Fair akan diberi satu baju kaos penanda bahwa ia adalah salah satu pedagang di arena Ramadhan Fair. Selain itu di tengah-tengah arena Ramadhan Fair terdapat sebuah pentas yang digunakan untuk penyampaian tausyiah oleh ustadz-ustadz yang telah dijadwalkan, tausyiah dari ustadz-ustadz tersebut akan dilaksanakan sebelum berbuka puasa.

Ramadhan  Fair XV dibuka dari tanggal 16 Mei-14 Juni 2018, namun pembukaan secara resmi oleh Walikota Medan diadakan pada tanggal 19 Mei 2018 yang dimulai setelah shalat tarawih. Pembukaan Ramadhan Fair XV kali ini diisi oleh bintang tamu yaitu Seventeen Band, dan akan banyak lagi bintang tamu lainnya yang akan mengisi acara Ramadhan Fair hingga tanggal 14 Juni mendatang.

Penulis: Nahya R

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages