PPPA Daarul Qur'an Siap Bersinergi Membangun Indonesia - LPM Garda Media USU | Portal Berita Kampus

PPPA Daarul Qur'an Siap Bersinergi Membangun Indonesia

Share This



Gardamedia.org, Medan—Program Pembibitan Penghafal Al-qur’an (PPPA) Daarul Qur’an mengadakan Kajian Islam Bulanan pada hari Ahad (8/4) di Mesjid An Nazhirin Jl. Eka Warni Medan Johor. Kajian Islam Bulanan ini berbeda dengan kajian pada umumnya. Hal ini dikarenakan PPPA Daarul Qur’an pada acara tersebut juga melaksanakan Launching kantor cabang PPPA Daarul Qur’an yang baru saja dibuka di Jalan Karya Kasih Medan Johor, tidak jauh dari lokasi Mesjid An Nazhirin.

Kajian Islam Bulanan yang diadakan PPPA Daarul Qur’an itu menghadirkan H.M Anwar Sani, S.Sos.,ME yang merupakan Ketua Yayasan Daarul Qur’an dan Ustad Sholehuddin, S. Th.I yang merupakan Direktur Rumah Tahfidz Center sebagai pembicara dalam kajian yang bertemakan “Membangun Indonesia dengan Al qur’an” tersebut. Kajian yang terbuka untuk umum ini, juga mengundang pengurus – pengurus BKM sekitar dan komunitas – komunitas Islam untuk turut hadir.

Dalam kajian tersebut, Ustad Sholehuddin menyampaikan betapa pentingnya membina umat dengan Al qur’an melalui rumah tahfidz – rumah tahfidz yang tersebar di seluruh Indonesia. Ustad juga memaparkan bahwa ada sekitar 1000 rumah tahfidz yang ada di Indonesia yang produktif menghasil santri – santri penghafal Al Qur’an setiap tahunnya. Jumlah tersebut barulah jumlah dari rumah tahfidz yang terdaftar di Rumah Tahfidz Center sedang yang belum mendaftarkan diri masih banyak. Harapannya rumah tahfidz ini terus bertambah mengingat masyarakat yang sudah “menerima” status penghafal Al qur’an. Ustad menceritakan bahwa pada tahun 2004 penghafal Al qur’an masih tampak aneh bagi masyarakat dan hanya untuk para pengkaji agama. Lain halnya dengan sekarang, setiap orang bisa menghafal Al qur’an dan Daarul Qur’an akan membumikan kebiasaan ini.

Ustad Anwar Sani menambahkan bahwa dengan tersebarnya rumah tahfidz di seluruh Indonesia dan di 5 benua yang merupakan mimpi Daarul Qur’an, harapannya akan lahir generasi Islam dari setiap lini masyarakat yang di dalam hatinya ada Al qur’an baik itu dokter, politisi, hakim, ekonom, pengajar, maupun pemimpin.

Dalam Kajian Islam Bulanan ini, para pembicara juga mengajak pengurus – pengurus BKM di Kota Medan untuk bersinergi dengan Daarul Qur’an untuk mengumpulkan energi kebaikan Al – Qur’an dengan mendirikan rumah tahfidz berbasis mesjid – mesjid yang ada di Kota Medan. Hal ini disambut baik oleh para pengurus BKM terutama BKM An Nadzirin sebagai tempat Kajian Islam Bulanan ini diadakan. Bapak H. Sanad Matondang selaku Ketua BKM An Nadzirin menyatakan dalam kata sambutannya bahwa tahfidz qur’an sudah menjadi program rutin dari BKM An Nadzirin sama seperti program Maghrib Mengaji dan program lainnya.

Kajian Islam Bulanan yang berlangsung dari pukul 08.00 sampai pukul 12.00 ini berakhir dengan pemotongan tumpeng penanda launching nya kantor Cabang Daarul Qur’an Medan dan himbauan menghadiri syukuran di kantor cabang tersebut.



Penulis: Abdillah Tri Dayana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages