Cara Ampuh Berantas Hoax - LPM Garda Media USU | Portal Berita Kampus

Cara Ampuh Berantas Hoax

Share This
Sumber: google.com

Berita atau informasi palsu sering kita temukan ketika membaca sebuah artikel dan media online. Istilah populer nya disebut hoax, masyarakat umum juga tidak jarang mengkonsumsi nya. Semakin tahun berita hoax semakin meningkat diiringi dengan kecanggihan teknologi.
BBC melansir, setiap tahunnya kemunculan berita hoax semakin meningkat. Ada dua faktor mengapa berita hoax semakin punya banyak like di social media khusunya media online. Hal yang pertama adalah kurangnya kesadaran masyarakat untuk membaca, masyarakat lebih antusias dengan gadget yang mereka gunakan, akibatnya mereka dengan mudah percaya berita tersebut ketimbang cross –check terlebih dahulu. Kedua, semakin canggih teknologi yang hadir di masa sekarang cukup berperan dalam hadirnya berita hoax.
Jadi bagaimana cara kita agar dapat mengetahui bahwa berita yang kita dapatkan dari social media dan dari internet bukanlah sebuah hoax?
Di acara Halfdays Basic Workshop Hoax Busting and Digital Hygiene (6/4/18) yang berlangsung di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara memaparkan banyak sekali cara agar kita dapat terbebas dari hoax.

Lihat alamat situs
“Lihat alamat situsnya, situs hoax biasanya menggunakan website yang bisa digunakan oleh semua orang. Sedangkan, website yang tidak hoax itu biasanya tidak mudah digunakan oleh semua orang.” Ujar pemateri Deni Yudiawan.
Detail Visualnya
Sebuah berita mempunyai visual atau gambar untuk mendukung berita tersebut. Berita hoax kebanyakan mengambil gambar dari website berita resmi, untuk itu kita perlu cek logo website berita tersebut. Berita hoax terkadang mengambil logo dari website berita resmi. Caranya sangat mudah, kita hanya perlu search di google yakni dengan melakukan drag and drop ke kolom pencarian google images. Hasil pencarian akan menyajikan gambar –gambar serupa yang terdapat di internet sehingga bisa mengetahui keasliannya .
Advertisement (Iklan)
Website berita hoax sangat banyak menampilkan iklan sehingga terkadang pembaca sering terganggu dengan adanya iklan –iklan tersebut .
Perhatikan ciri –ciri penulisan judul berita
Ini penting, namun sering diabaikan. Pernahkan kita melihat sebuah judul yang sangat sensasional sehingga menarik kita untuk membacanya. Namun kita sering tidak menyadari bahwa judul berita tersebut kurang memperhatikan kaidah penulisan berita. Seperti contoh :
Terciduk! Dokter di Rusia Memukul Pasiennya Hingga Tewas, Ternyata Pasien Adalah Mantan Kekasih Dokter Tersebut.
 Heboh! Ribuan Warga Amerika Serikat Mabuk saat Tahun Baru di Jerman Hingga Memperkosa 1000 Wanita.
Nah, judul berita tersebut memang menarik dan membuat orang ingin membacanya. Namun, judul berita tersebut tidak memperhatikan kaidah membuat judul berita yang baik dan benar. Itulah mengapa sebuah website berita resmi tidak pernah membuat judul panjang dan heboh seperti contoh judul berita di atas.
Cek Info Website (About Us )
Biasanya website hoax tidak mempunyai info detail tentang website mereka. Sering kita jumpai hanyalah “Unkown” tetapi jika kita berkunjung ke website berita resmi kita akan melihat mereka sangat jelas mencantumkan profil website mereka. Bertujuan agar website tersebut dapat dilihat dan dikenal massa.
Internet memudahkan koneksi kita untuk mencari banyak informasi. Namun kita harus pintar –pintar menguraikan informasi tersebut. Karena itu, perlu banyak skill dan tips agar kita dapat mengetahui informasi yang kita berikan itu hoax atau tidak. Ingat, internet itu hanyalah alat yang kita sendiri mengatur nya agar bermanfaat atau malah merusak kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages