Andika Pratama : Membuktikan bahwa Mahasiswa USU Mampu Bersaing di Tingkat Nasional - LPM Garda Media USU | Portal Berita Kampus

Andika Pratama : Membuktikan bahwa Mahasiswa USU Mampu Bersaing di Tingkat Nasional

Share This





Andika Pratama atau yang akrab disapa Dika merupakan sosok muda kelahiran Medan 22 Mei 1997, Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan jurusan Fisika USU telah berhasil meraih MAWAPRES (Mahasiswa Bersprestasi) Utama 1 Program Sarjana Universitas Sumatera Utara 2018. PILMAPRES (Pemilihan Mahasiswa Berprestasi) seleksi tingkat universitas 2018 ini dilaksanakan mulai dari tanggal 28-29 Maret 2018 yang diikuti oleh semua Mahasiswa Berprestasi Utama 1 Tingkat Fakultas Se-USU 2018. 

Pria yang hobi bermain sepak bola, futsal dan membaca ini, memiliki segudang prestasi dari tingkat Nasional hingga Internasional. Seperti, Juara 1 dalam kompetisi NREC, PT. Rekayasa Industri Jakarta Tingkat Nasional 2017, kemudian mendapat juara Runner Up dalam kompetisi Espriex Business Model Competition ASEAN  yang diselenggarakan di Universitas Brawijaya. Dan baru-baru ini, ia mendapatkan Gold Medal dalam kompetisi International Engineering Invention &  Innovation Exhibition, Malaysia tingkat Internasional 2018.

Ia mulai mengikuti perlombaan pada tahun 2016, namun semua perlombaan yang diikutinya tidak selalu berhasil.  Pertama kali ia lolos sebagai finalis, ia tidak bisa melanjutkan lombanya karena keterbatasan dana. Namun, ia tidak berhenti sampai disitu sesuai dengan motto yang dimilikinya “Jangan mudah menyerah karena Allah memberikan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan”, ia tidak mudah untuk menyerah sehingga berhasil meraih segudang prestasi sampai sekarang ini dan dapat menjuarai PILMAPRES Tingkat Universitas.

Salah satu alasan ia mengikuti PILMAPRES dikarenakan pada perlombaan yang pernah ia ikuti pada tahun 2017 di Pulau Jawa, salah satu pesertanya tidak mengenal USU (Universitas Sumatera Utara) dan sering diremehkan oleh mahasiswa-mahasiswa luar Medan. Maka dari itu, ia mulai untuk terus belajar serta ingin membuktikan bahwa USU merupakan kampus yang besar dan mahasiswa-mahasiswanya mampu bersaing dengan seluruh mahasiswa di Indonesia.

Dika yang bercita-cita menjadi Direktur Utama Pertamina ini merupakan mahasiswa yang aktif berorganisasi dan mudah untuk bersosial. Dika sangat terinspirasi dengan Bapak Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (B.J. Habibie) yang merupakan Presiden Republik Indonesia yang ketiga. Karena, Ia ingin bisa melanjutkan sekolah di Jerman seperti Bapak B.J. Habibie.

Andika Pratama juga merupakan sosok yang selalu mempersiapkan matang-matang untuk perlombaan yang akan diikutinya dan ketika mengerjakan sesuatu tidak bisa berhenti kalau pekerjaannya belum selesai. Terbukti dari persiapannya untuk mengikuti PILMAPRES, “yang pertama saya mempersiapkan Bahasa Inggris saya. Kemarin ketika libur semester saya sempat ke kampung Inggris untuk memperlancar Bahasa Inggris saya. Kemudian, sudah pasti karya ilmiah dari jauh-jauh hari saya mempersiapkan karya ilmiah tersebut.” ungkapnya.

Prestasi yang telah diraihnya saat ini tentu tidak terlepas dari kerikil kehidupan yang menyertainya. Dan sekarang, ia sedang mempersiapkan dirinya untuk mengikuti PILMAPRES Tingkat Nasional 2018. Program kedepannya, ia ingin membuat seminar-seminar tentang karya ilmiah di kampus USU.
Dika berpesan bahwa, “ketika kita ditanya mengapa, maka jawablah dengan tegas mengapa. Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar, kurang bicara dapat diperbaiki dengan pengalaman. Kuasai pikiranmu maka kamu akan dapat melakukan apapun yang kamu inginkan.”



Penulis: Vinny Nur Ayudia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages