Segudang Apresiasi, Dimulai dari Hobi - LPM Garda Media USU | Portal Berita Kampus

Segudang Apresiasi, Dimulai dari Hobi

Share This
Rizka Gusti Anggraini, Mahasiswa Ilmu Komunikasi USU

Gardamedia.org- Rizka Gusti Anggraini Sitanggang, seorang wanita kelahiran Medan 5 Januari 1997 merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.

Wanita yang hobinya membaca, menulis dan travelling ini menjadikan pretasi yang diraihnya sebagai apresiasi dari hobinya sendiri. Bermula dari mengikuti kompetisi aritmatika sempoa yang diikuti oleh 8 negara, menjadikan wanita yang akrab dipanggil Rizka ini, tertarik untuk mengikuti berbagai macam perlombaan, karena menurutnya perbedaan tidak menjadi penghalang dalam keberhasilan. Terbukti dengan banyaknya apresiasi yang diraihnya, seperti National Ambassador of Youth Parliement 2013, National Delegate of Banda Aceh Development Youth Forum 2014, National Delegate of Microsoft Youth Sparks Live 2014, The Most Outstanding Student of Communication USU 2015, Finalist of UNESCO Essay Competition for Young People 2016, Youth Ambassador of Minister of Political, Legal and Human Rights of Indonesia 2016, The Best 5th of Call for Paper Journalist Days 2017 di Universitas Indonesia, The 10 Most Inspiring North Sumatera Woman Award 2017, Juara 1 Esai International Conference on Islamic Youth Leaders in Sustainable Development Goals 2017.

Sekian banyak keahlian yang dimiliki, tidak menjadikan Rizka menyimpan ilmu untuk dirinya sendiri. Sejak SMA, ia mencoba mulai mengajar karena ia sadar keahlian yang dimilikinya dalam bidang sempoa harus dibagikannya kepada orang lain. Berlanjut hingga sekarang, ia dipercaya oleh dosen untuk membantu penelitian dan menggantikan dosen memberi mata kuliah.

Salah satu ayat Al-Qur’an “Dan sebaik-baiknya manusia adalah orang yang memberi manfaat bagi orang lain”, menjadi pegangan bagi Rizka untuk menjalani hidupnya. Salah satu yang telah dilakukannya adalah membentuk perpustakaan mini dirumahnya yang diperuntukkan untuk adik-adik sepupunya. Hal ini dilakukannya karena terinspirasi dari Habibie Center milik Pak Habibie.

Saran Rizka sendiri untuk teman-teman dan adik-adiknya, yaitu “lakukanlah segala sesuatu yang baik dengan versi terbaik yang kita miliki”, tetapi menjadi yang terbaik pun jangan lupakan peran dalam keluarga. 

Penulis: Ayu Chairil Putri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages