Peringati Hari Bahasa Arab Sedunia, Sastra Arab Gelar Pawai - LPM Garda Media USU | Portal Berita Kampus

Peringati Hari Bahasa Arab Sedunia, Sastra Arab Gelar Pawai

Share This
Foto bersama perserta pawai di Biro Rektor USU
Gardamedia.org-Medan, (18/12) Sastra Arab, Fakutas Ilmu Budaya, Universitas Sumatra Utara (USU) mengadakan pawai untuk memperingati Hari Bahasa Arab Sedunia. Dalam kegiatan ini peserta yang terdiri dari mahasiswa prodi sastra arab mengenakan atribut yang bernuansa timur tengah. Rute pawai ini dimulai dari Fakultas Ilmu Budaya menuju Biro Rektor USU dan kembali lagi ke fakultas.
Organisasi pendidikan, keilmuwan, dan kebudayaan PBB, UNESCO (United Nasions  Educational Scientifican Cultural Organization)  menetapkan 18  Desember sebagai Hari Bahasa Arab Sedunia. Penetapan itu hasil inisiatif dua negara anggota UNESCO, Maroco dan Saudi Arabiah guna menjadikan bahasa arab sebagai bahasa resmi yang digunakan dan diakui secara Internasional. Dengan demikian Bahasa Arab adalah urutan ke-6 dalam urutan Bahasa Internasional UNESCO dari 22 bahasa negara lainnya.
Bahasa Arab memiliki peran peting dalam kemajuan peradaban dunia modern saat ini. Terbukti bahwa banyak ilmuwan yang memberikan sumbangan hasil penemuannnya dan diikuti pemikiran-pemikiran muslim, serta mereka menggunakan bahasa arab dalam karya-karyanya.
Bahasa Arab adalah bahasa yang telah digunakan oleh lebih dari 422 juta jiwa di dunia ini sebagai bahasa percakapan mereka. Dan menjadi bahasa resmi nasional bagi kebanyakan negara-negara yang berada dikawasan Timur  Tengah dan Afrika Utara.
Dalam pawai ini mahasiswa yang terlibat di dalamnya berorasi di sepanjang jalan tentang Bahasa Arab Bahasa Surga, Bahasa Islam, dan Bahasa Al-Quran. Uniknya pawai ini tidak hanya berorasi saja, namun membagikan permen dan kurma kepada masyarakat atau pejalan kaki yang ditemui di sepanjang jalan.
Antusias mahasiswa dengan kegiatan ini sangat terlihat, dari cara mereka memberitahukan bahwa hari ini hari bahasa arab sedunia, sembari membagikan permen dan kurma yang bertuliskan selamat hari bahasa arab sedunia, serta peserta memegang bendera-bendera yang termasuk ke dalam negara-negara Jajirah Arab yang bertujuan mengenalkan masyarakat dengan negara yang termasuk di dalamnya.
Kegiatan ini di ketuai oleh ketua umum HMJ Program Studi Sastra Arab yaitu IMBA (Ikatan Mahasiswa Bahasa Arab) yakni Irham Akhyari Hasibuan, menuturkan bahwa “Ini merupakan momentum dimana mahasiswa sastra arab bisa menekankan dalam melancarkan bahasa arab mereka sekaligus menghargai bahasa arab mereka. Dan dia berharap dengan adanya pawai ini masyarakat jadi tahu bahwasanya tanggal 18 Desember itu Hari Bahasa Arab Sedunia. kemeriahan kegiatan ini tak terlepas dari dukungan yang kuat dari semua dosen sastra arab dan juga dari alumni menambah semaraknya kegiatan ini.”
“Ini sangat perlu diadakan, karna ini merupakan syiar, sekaligus memberitahukan kepada masyarakat bahwasanya tanggal 18 Desember itu ada hari khusus yaitu peringatan hari besar bahasa arab sedunia. Ini sangat perlu diadakan oleh mahasiswa sastra arab, karena di tahun-tahun sebelumnya kegiatan ini juga telah terlaksana.” jelas Henny Syafitri Nasution sebagai peserta acara.

Penulis : Munir Suteja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages