Header Ads

Perdana! Humas USU Gelar Kemah Kerja dan Pelatihan Jurnalistik


Suasana Kemah Kerja di Camping Ground Taman Simalem Resort

Gardamedia.org, Medan - Jurnalistik adalah kegiatan yang berhubungan dengan pencatatan atau pelaporan setiap hari. Dengan demikian, jurnalistik bukanlah pers, bukan pula media massa. Tetapi, jurnalistik juga kegiatan yang memungkinkan pers atau media massa bekerja dan diakui eksistensinya dengan baik. Jurnalistik termasuk bidang kajian ilmu komunikasi, yaitu ilmu yang mengkaji proses penyampaian pesan, gagasan, pemikiran, atau informasi kepada orang lain dengan maksud memberitahu, mempengaruhi atau memberikan kejelasan.
Kemah kerja dan pelatihan jurnalistik perdana dilaksanakan oleh Hubungan Masyarakat (Humas) USU. Kegiatan ini dimulai sejak tanggal 12-14 Desember 2017 di Camping Ground Taman Simalem Resort. Dihadiri sebanyak 53 peserta yang terdiri dari,  36 mahasiswa berasal dari 13 fakultas di USU dan 12 peserta lainnya berasal dari persma (pers mahasiswa) Garda Media, Pijar dan SUARA USU yang masing-masing mendelegasikan empat anggota. Selain itu, 5 peserta lainnya berasal dari Pemerintahan Mahasiswa USU. 
Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Wakil Rektor 1, Prof. Dr. Rosmayati, MS. Menurutnya, “pelatihan ini diharapkan untuk mahasiswa mampu memblow up potensi USU melalui pers mahasiswa”. Tidak hanya memberi kata sambutan, ia juga membuka secara resmi kemah kerja dan pelatihan jurnalistik pada hari Selasa (12/12) di Kodon-kodon Cafe. Setelah pembukaan, peserta kembali ke Camping Ground Taman Simalem Resort untuk beristirahat.
Pada hari kedua, Rabu (13/12) kegiatan ini diisi empat materi. Pertama, bapak Rusli Harahap selaku pendiri SUARA USU. Pak Ramli mengisi materi tentang sejarah pers kampus di USU. Dimulai dengan pers kampus yang dulu dikelola Humas USU lalu diambil alih oleh mahasiswa agar pers tersebut dapat menjadi media untuk menyampaikan aspirasi mahasiswa pada saat itu.
Kemudian dilanjutkan dengan materi kedua tentang Jurnalisme Sains yang dibawakan oleh Produser CNN Indonesia Koresponden Medan, Agus Supratman. Materi ini diberikan ke peserta agar peserta mengerti pentingnya menulis, karena karya merupakan peninggalan dari hidup kita. Selanjutnya, materi ketiga tentang Kode Etik Jurnalisme diisi oleh Bapak Harizal dari Biro Metro TV Medan.
Materi ketiga ini mengenai banyaknya pengguna media sosial di Indonesia sekitar 63 juta orang. Dan di tahun 2015, sekitar 47.000 media di Indonesia Dari jumlah itu, sebanyak 2.000 media cetak, namun data DP tahun 2015 hanya 321 yang memenuhi syarat profesional. Media online tercatat 43.300 dan hanya 168 yang profesional dan terverifikasi, 674 radio, serta 523 televisi.
Materi keempat dibawakan oleh bang Muslim Ramli dari CEO Sanger Production tentang Konvergensi Media dan Media Digital. Bang Ramli menjelaskan konvergensi media untuk pers mahasiswa serta struktur organisasi untuk media online/ portal berita dan media cetak.  
Berbeda dari pelatihan jurnalistik pada umumnya, kegiatan ini lebih mengutamakan diskusi antara peserta dan pemateri. Peserta juga melakukan diskusi tentang potensi USU yang dapat dibuat menjadi viral. Di sisi lain para peserta juga dimanjakan dengan pemandangan bagus, udara yang sejuk serta pelayanan yang sangat baik bagaikan tamu yang istimewa. Selama 3 hari tersebut, peserta disajikan makanan serta di setiap materi selalu diberi waktu coffee break yang disediakan panitia untuk para peserta agar bisa minum kopi dan teh organik serta cemilan yang dihidangkan.
Pada hari terakhir, Kamis (14/12) penutupan serta pengumuman pemenang kegiatan kemah kerja dan pelatihan jurnalistik yang ditutup oleh Ibu Elvi Sumanti selaku ketua panitia.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan skill dan juga untuk mempererat silaturahim antar pers maupun fakultas-fakultas yang diundang. Dan bertujuan untuk mencari potensi jurnalis di setiap fakultas dan meningkatkan kualitas pers mahasiswa (persma) di USU.


Penulis: Vinny Nur Ayudia

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.