Header Ads

Thai Tea Influence



Gardamedia.org, Medan- Apa yang ada di pikiran kita saat disebut nama salah satu minuman yang menjadi favorit di kota Medan sejak beberapa tahun lalu, Thai Tea. Thailand Tea atau Thai Tea yang sedang digandrungi dan tengah naik daun ini memang berbeda dengan teh lainnya. Seperti yang bisa kita lihat sekarang ini, ada banyak orang berjualan Thai Tea di pinggir jalan kota Medan, bahkan di dalam Mall juga sudah banyak yang menjual minuman yang satu ini. Beberapa tahun belakangan ini mahasiswa USU sudah terjangkit dengan Minuman khas Thailand ini, atau disebut dengan Thai Tea Influence. Karena para penjual Thai Tea sudah banyak sekali yang berjualan disekitaran USU.

"Thai Tea", dinamakan seperti itu dikarenakan memakai teh khas Thailand bukan teh biasa. Teh yang satu ini selain nikmat juga memiliki banyak manfaat. Teh ini begitu kaya akan antioksidan, antioksidan yang terkandung lebih tinggi daripada antioksidan vitamin C dan vitamin E. Maka dari itu daun teh Thailand dimanfaatkan untuk minuman kesehatan. Manfaat lainnya dari teh ini adalah, mencegah penyakit stroke dan mengurangi resiko terkena penyakit stroke bagi mereka yang masih sehat dan tidak mengalami gangguan kesehatan.

Mengenai sejarah Thai Tea sendiri, Teh Thailand dibuat dari teh Ceylon yang banyak tumbuh di Bai Miang, Thailand. Awalnya di Thailand, teh itu bukan minuman yang populer. Tapi setelah ada imigran asal Tiongkok yang menanam teh untuk dijual, barulah dari situ teh jadi dikenal. Hingga akhirnya orang Thailand sendiri berhasil menciptakan racikan teh yang beda dari negara Asia lainnya yaitu Thai Tea. Biasanya Thai Tea di Thailand dijual dalam gelas berukuran besar. Kenapa? Karena ini mencerminkan seberapa cintanya warga sana akan minuman ini .

Karena sedang maraknya penggemar Thai Tea beberapa tahun belakangan ini, sekarang semakin banyak pula pedagang Thai Tea yang muncul. Ini dijadikan mereka ladang usaha dengan berjualan di pinggiran kampus atau di kantin kampus. Contohnya saja, seorang alumni dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU yang memiliki  usaha berjualan Thai Tea di fakultas tersebut. Dia adalah Ecci Marbun, alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis stambuk 2012. Tapi meskipun dia sudah lulus dari USU, ia adalah pemilik usaha tersebut tetapi mengenai brand itu adalah milik teman Ecci dan dia memulai usaha ini sekitar empat sampai lima bulan yang lalu.

Mengenai alasan mengapa ia memilih membuka usaha ini dikarenakan ia merasa bahwa dirinya yang seorang sarjana ekonomi sudah sepatutnya membuka lapangan pekerjaan, “kalau alasan kenapa saya berjualan thai tea karena awal mula saya mencicipi Thai Tea, saya rasa cocok di lidah saya. Baik itu wangi khas yang dimiliki oleh teh khas Thailand ini maupun gurih dari susu khusus yang tercampur menjadi satu dalam segelas Thai Tea itu, semua takarannya pas. Setiap hari saya minum juga gak ada bosannya. Lalu saya terfikir kenapa saya tidak coba pasarkan minuman yang saya sukai ini. Kembali ke prinsip saya sebagai sarjana yang harusnya membuka lapangan pekerjaan, apalagi saya seorang sarjana ekonomi, yang mana seharusnya membuka lapangan pekerjaan. Mungkin diawali dari yang kecil dulu, Insyallah kedepannya kita pasarkan lebih luas lagi”, tutur dara cantik ini.

Selain memberi tahu mengenai alasan mengapa dia memilih merintis usaha ini, Ecci juga memberitahu apa perbedaan Thai Tea dengan teh lainnya dan bahan-bahan utama dari Thai Tea ini. “Kalau bedanya Thai Tea sama teh biasa itu rasa dan aroma nya, apalagi yang rasa green tea nya. Kalau bahan utama sih pastinya teh yang di impor dari Thailand dan susunya itu susu impor dari negara tetangga juga”. Berbicara target pemasaran, Ecci memiliki target pasar lebih ke remaja sampai dewasa terutama mahasiswa.

Omset yang di dapat juga lumayan, dalam sehari Ecci mendapatkan 800 ribu hingga satu  juta. Mereka berjualan selama enam hari saja, jadi kalau dirata-ratakan omsetnya minimal 15 juta dalam sebulan. Lumayan besar bukan. Tapi mengenai modal Ecci tidak mau memberitahu karena menurut dia ini adalah rahasia.

Jadi sekarang, kita tidak perlu pergi jauh-jauh ke Thailand untuk menikmati nikmatnya teh khas Thailand ini, kita bisa membeli dan menikmatinya disekitaran Kampus USU. Selamat mencoba


Penulis: Ratih Utami





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.