Kantin FKM USU, Kantin Sehat Tanpa Micin - LPM Garda Media USU | Portal Berita Kampus

Kantin FKM USU, Kantin Sehat Tanpa Micin

Share This
Kantin Sehat FKM USU
Gardamedia.org, Medan- Makanan dan minuman adalah kebutuhan primer yang harus terpenuhi bagi manusia. Hal ini menuntut semua orang untuk selalu memenuhi hasrat ingin makan dan minum saat berada di rumah atau di luar rumah. Seperti mahasiswa yang jauh dari orang tua dan kampung halaman, kantin menjadi tempat favorit bagi mereka untuk memenuhi kebutuhan primer tadi. Namun sayangnya, sedikit dari mahasiswa yang memperhatikan tempat ia makanan dan asupan makanannya sehari-hari. Awalnya dianggap biasa, lama kelamaan hal ini akan menjadi menjadi momok bagi diri mereka sendiri di usia senja. Hingga muncul sebuah istilah kekinian yakni “Generasi Micin”, yang lebih cenderung lebih banyak asumsi daripada aksi dan pendapat-pendapat umum lainnya seputar generasi micin yang cenderung negatif yang melekat pada generasi kekinian.

Dari berbagai kecemasan kompleks yang menghantui mahasiswa tentang makanan, Kantin sehat FKM (Fakultas Kesehatan Masyarakat) menjawab permasalahan seputar makanan dan minuman tidak sehat dengan membuka kantin sehat Non MSG (Monosodium Glutamate). Kantin fakultas merupakan bagunan yang diperuntukkan untuk menyediakan makanan dan minuman bagi civitas akademika, khususnya FKM USU. Kantin dengan slogan “Budayakan Hidup Sehat Mulai dari Makanan Kita” diresmikan pada tanggal 24 Oktober 2017, bertepatan dengan Dies Natalis-nya FKM USU.

Kantin sehat FKM USU ini mengusung menu yang bebas MSG atau yang biasa kita kenal dengan istilah micin. Makanan yang dijual di kantin ini terlebih dahulu diuji laboratorium, apabila makanannya mengandung MSG maka makanannya tidak layak jual. Walaupun makanannya sehat dan tidak mengandung MSG, hal ini tidak menjadikan makanan di kantin ini mahal, harganya cukup murah dan sesuai dengan kantong mahasiswa, mulai dari Rp 5.000 sampai dengan Rp 20.000. Beberapa menu yang dijual di kantin ini, seperti nasi uduk, lontong, mie ayam, soto, dan berbagai cemilan sehat lainnya, selain itu juga terdapat berbagai minuman.

Kantin ini terletak di dalam Fakultas, tepatnya di bagian belakang gedung C FKM, Pintu 1 USU. Ruangan di kantin ini cukup nyaman dan luas, serta dilengkapi dengan AC dan iringan musik yang menenangkan. Terdapat juga bagian outdoor yang cukup luas. Jadi mahasiswa bisa memilih akan makan di bagian outdoor atau indoor.

Dengan didirikannya kantin sehat, mahasiswa tidak perlu lagi takut dan khawatir tentang makanan yang tidak steril dan tidak higienis. Serta kehadiran kantin ini dapat membuka peluang bisnis bagi mahasiswa yang ingin berjualan dengan syarat makanan yang dijual harus memenuhi izin dan kelayakan.

Penulis: Ayu Chairil Putri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages