Header Ads

Jadi Pahlawan di Hari Kesehatan


Foto bersama anggota PRASTA dan PMI Medan
Gardamedia.org, Medan- Public Relations Komunikasi Universitas Sumatera Utara (PRASTA) kembali mengadakan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada tanggal 12 November. Acara yang bertajuk “ Everybody Can be Hero, Dari Kita Untuk Semua” bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Medan dan Pema FK USU. Acara sendiri dilaksanakan di Pendopo FISIP USU, pagi hari (14/11).

Acara ini dipandu oleh Hermita Zoly yang kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan oleh ketua acara yaitu Vania Anggelica. Kemudian dilanjutkan dengan sesi donor darah dari PMI Medan dan cek kadar gula darah (CKGD) oleh PEMA FK USU . Sebelum melakukan pemeriksaan, peserta yang didominasi oleh mahasiswa dan staff pegawai FISIP terlebih dahulu melakukan registrasi.

Para peserta melakukan cek kadar gula darah
“Peringatan Hari Kesehatan Nasional ini juga merupakan bagian dari rangkaian acara Dies Natalis FISIP USU ke – 37. Tujuan dari acara ini sendiri yaitu agar orang-orang dapat menjadi pahlawan di hari kesehatan. Dengan donor darah yang dilakukan dapat membantu dan menolong teman-teman dan orang yang membutuhkan. Dari rangkaian acara yang dilakukan, terdapat 75 orang yang berpartisipasi dalam CKGK, sedangkan donor darah ada 46 orang. Dapat disimpulkan bahwa banyak orang yang perduli dengan kesehatan dan rasa simpati yang tinggi untuk membantu orang lain. Saya berterima kasih kepada para peserta yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini”. Ungkap Vania selaku ketua acara.

Dosen dan Pegawai FISIP USU Melakukan Donor Darah
Para peserta yang hadir cukup antusias mengikuti kegiatan donor darah, namun sayangnya banyak pula peserta yang tidak bisa melakukan donor darah dengan berbagai alasan. Misalnya, kadar Hemoglobin (HB) yang rendah, berat badan yang tidak seimbang, keadaan tubuh yang kelelahan dan alasan-alasan lainnya. Peserta lain yang dapat melakukan donor darah terlihat sangat senang meskipun harus menunggu antrian. Peserta yang mengikuti kegiatan donor darah diberikan kartu donor darah dari PMI Medan, amplop yang berisi voucher discount 50 % di Dokter Gigi Medan, dan  goodybag yang berisi air mineral, susu dan beberapa makanan ringan.

Ade Putra sebagai salah peserta yang mengikuti acara donor darah mengatakan “ kegiatan inikan sebagai peringatan Hari Kesehatan Nasional dengan mengambil tema Everybody Can be Hero, artinya semua orang itu bisa menjadi pahlawan bagi orang lain. Nah, salah satunya dengan donor darah ini. Kita bisa membantu orang-orang yang membutuhkan. Selain itu pula donor darah juga menghasilkan banyak manfaat bagi tubuh. Kegiatan donor ini juga dapat merubah statement kita yang awalnya takut untuk melakukan donor darah menjadi berani. Hal lain yang juga menarik dari acara ini ialah CKGD. Karena dengan kita melakukan CKGD kita jadi tahu seberapa besarkan kadar gula darah dalam tubuh kita, apakah itu rendah, normal atau justru tinggi. Begitu juga dengan tensi darah. Kedepannya, semoga ini menjadi kegiatan rutin. Lebih banyak lagi orang-orang yang menjadi pahlawan bagi orang lain, dengan hal kecil seperti donor darah”. Ungkapnya saat ditemui saat acara berlangsung.


Penulis: PRASTA (Press Release)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.