Tak Perlu Takut Konsumsi Daging - LPM Garda Media USU | Portal Berita Kampus

Tak Perlu Takut Konsumsi Daging

Share This
Sumber: Google.com


Gardamedia.org- Daging merupakan salah satu bahan pangan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, dimana daging mengandung banyak gizi dan memiliki mutu protein yang tinggi lengkap dengan asam amino essensial. Mengkonsumsi daging mempunyai banyak sekali manfaat kesehatan bagi tubuh. Terutama, lemak tak jenuh yang dikandung daging  dapat berkontribusi meningkatkan kadar kolestrol baik, menstabilkan detak jantung dan banyak manfaat lainnya. Seperti daging kambing misalnya, setiap orang dapat mengonsumsi 250 gr daging kambing dalam sehari dan  masih memenuhi batas aman konsumsi kolestrol yang diizinkan untuk orang dengan kadar kolestrol tinggi yaitu 200mg.

Tidak semua daging merah berbahaya bagi kesehatan, asal mengonsumsinya tidak secara berlebihan. Selain itu kandungan zat besi dan kalium yang tinggi pada daging kambing menjadi pilihan yang tepat untuk penderita hipertensi, jantung, dan penyakit ginjal. Ia memiliki semua asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh bersama dengan zat besi yang dapat mengatasi anemia. Semua nutrisi yang terkandung pada daging kambing memuat Vitamin K, Vitamin E, Vitamin B kompleks, kolin, protein, lemak alami, betaine, kolestrol, asam amino, elektrolit dan berbagai mineral. Tak ketinggalan didalamnya terdapat omega 3 dan omega 6 yang sangat baik bagi perkembangan otak.

Disamping manfaat daging kambing yang sangat banyak sekali untuk tubuh, diperlukan juga cara mengolah yang baik sebelum dikonsumsi. Misalnya, pilih jenis daging yang tidak mengandung banyak lemak atau buanglah lemak yang tersisa pada daging sehingga daging bebas dari lemak. Dengan cara pengolahan ini, tidak perlu menggunakan minyak lagi yang dapat menambah lemak jenuh dan kolestrol ke dalam masakan.

Namun, pada prinsipnya selama dibatasi jumlahnya dan pengolahan yang tepat, maka konsumsi daging kambing tidak akan membahayakan kondisi kesehatan. Untuk dapat mengimbangi nya perlu melakukan aktivitas fisik yang membantu menghambat penyerapan kolestrol di dalam darah. Termasuk juga asupan buah dan sayur yang cukup.

Oleh: Vivi Ariani


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages