PWI Laksanakan Diskusi Pers, Peringati Peristiwa 3 Mei - LPM Garda Media USU | Portal Berita Kampus

PWI Laksanakan Diskusi Pers, Peringati Peristiwa 3 Mei

Share This
Suasana saat diskusi dengan para pembicara
Gardamedia.org - (18/5) Dalam rangka memperingati hari kebebasan pers yang jatuh pada 3 Mei 2017 lalu, Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara melakukan diskusi pers yang bertemakan “Terapkan Jurnalisme Berbasis HAM”. Kegiatan ini berlangsung pukul 10.20-13.00 di ruang sidang FISIP USU.

Diskusi dihadiri oleh beberapa perwakilan pers mahasiswa yang ada di Medan, mahasiswa komunikasi USU, dosen komunikasi FISIP USU, dan beberapa undangan lainnya. Hadir empat narasumber dalam diskusi ini diantaranya, Drs. Iskandar Zulkarnain, M.Si selaku dosen ilmu komunikasi, Mazda El Muhtaj selaku kepala pusat studi HAM UNIMED, Nurhalim Tanjung M. I.Kom redaktur Medan Bisnis dan terakhir Ir. Zulfikar Tanjung yang merupakan ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumatera Utara.

Masing-masing narasumber menyampaikan buah pikirannya dalam diskusi ini, Mazda El Muhtaj, menutup pemaparannya dengan beberapa poin penting yaitu, kebebasan pers adalah jantung demokrasi; kebebasan pers meniscayakan profesionalisme jurnalis dan etika jurnalistik; jurnalisme berbasis HAM adalah cara pandang dan komitmen bertindak dalam menginkorporasi prinsip dan standar HAM dalam kehidupan jurnalistik, dan terakhir jurnalisme berbasis HAM di Sumut harus menjadi panutan bagi setiap jurnalis dan organisasi profesi jurnalis dalam mengembangkan kapasitas jurnalis sebagai pembela HAM (human rights defender).

“Hendaknya Sumatera Utara semua jurnalisnya menjadi jurnalis yang berlandaskan HAM” tutup Muhajirin selaku moderator dalam diskusi pers ini.

 Reporter: Tina Aisyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages