Header Ads

Kampusnya? atau Jurusannya?

sumber: bahayapedia.com 

“Yang penting masuk PTN favoritku…terserah mau jurusan apa.”
“Kalau aku sih yg penting jurusannya harus sesuai sama minat dan kemampuanku. Kalau perguruan tinggi kan banyak, bebas lah mau dimana saja.”
“Kalau aku sih mau dua duanya. Di PTN dan jurusan yang aku mau.”

Perbincangan yang lumrah di kalangan siswa-siswa SMA kelas tiga saat ini. Mengingat mereka telah usai melaksanakan Ujian Nasional. Dan kini fokus mereka beralih menjadi usaha-usaha untuk dapat masuk ke kampus favorit mereka. Apakah kamu salah satu diantara mereka yang sedang mempersiapkan diri untuk memasuki kampus favorit kamu? Jika iya, sudah kah kamu menentukan pilihan universitas dan jurusan apa yang akan kamu pilih?

Benar, pendaftaran SNMPTN telah berakhir dan tinggal menunggu pengumumannya yang tidak lama lagi. Tetapi apakah jurusan dan universitas yang kamu pilih sudah sesuai dengan pilihanmu? Memilih jurusan dan universitas dengan mempertimbangkan minat dan bakatmu merupakan hal yang penting yang harus kamu perhatikan sebelum kamu menentukan pilihan. Selain itu ada beberapa hal-hal lain yang harus kamu perhatikan dalam menentukan tempat kuliah dan jurusan yang tepat agar hari-harimu di perkuliahan menyenangkan dan prestasi gemilang dapat diraih.

            Berikut beberapa tipsnya :
1. Kenali Minat dan Bakatmu
Ya, minat dan bakat merupakan hal utama yang harus diperhatikan sebelum menentukan universitas dan jurusan yang akan kamu pilih. Tidak jarang calon mahasiswa terkesan sepele akan hal tersebut. Padahal pemilihan sesuai minat dan bakat ini akan berdampak sepanjang masa perkuliahan. Tidak jarang kita mendengar istilah salah jurusan. Salah jurusan biasanya terjadi pada mahasiswa-mahasiswa yang mulai merasakan bahwa jurusan yang ia tempuh ternyata tidak sesuai dengan kemampuan dan minat mereka. Mereka mulai merasakan kebosanan, kejenuhan dan kesulitan dalam mengikuti perkuliahan. Tentu kamu tidak mau merasakan hal tersebut sepanjang perkuliahanmu, bukan? Akan terasa sulit bagi mahasiswa-mahasiswa tersebut untuk mengubah situasi. Bisa saja dia mengulang kembali pekuliahannya di jurusan yang ia inginkan. Tetapi ia telah melewatkan satu atau dua tahun waktunya dan tidak jarang mahasiswa tersebut enggan untuk melakukannya. Ini bukan lah cerita fiktif, melainkan curahan hati mahasiswa- mahasiswa yang mengaku dirinya salah jurusan. Maka sangat penting untuk mengenali diri kamu sendiri. Jika ternyata kamu lebih suka menggunakan pikiran, hal-hal yang logis, mathematic, berhubungan dengan angka-angka, silahkan pilih jurusan saintek. Sementara jika kamu cenderung kepada hal-hal yang berbau social dan bahasa, kamu tidak perlu ragu untuk memilih social humaniora (soshum). Intinya kamu harus tahu mana yang menjadi kecenderungan terbesar kamu terhadap dua bidang itu. Ubahlah pola pikir kamu untuk menentukan jurusan haruslah berdasarkan prospek kerjanya. Prospek kerja yang luas namun tanpa dilengkapi dengan kemampuan yang diharapkan merupakan  kesempatan yang sia-sia Ingat, prestasi dan karier akan mengikuti sesuai kemampuan yang kita miliki.

2. Jangan Ikut-Ikutan
Lagi dan lagi kamu harus mengenali diri kamu sendiri. Kamu tidak perlu mengikuti pilihan teman kamu. Misalnya karena banyak teman-temanmu memilih suatu universitas lantas kamu memilih universitas tersebut juga. Yang terpenting kamu harus memiliki alasan yang kuat untuk memilih jurusan dan kampus tersebut daripada sekadar karena teman.

3. Kenali Perguruan Tinggi Tersebut
Hal ini penting dilakukan agar kamu tidak gamang saat menempuh pendidikan disana. Hal ini terkait dengan peraturan-peraturan yang ada di perguruan tinggi tersebut serta visi dan misinya. Jangan sampai kamu di drop out karena banyak peraturan yang kamu langgar.

4. Berdoa dan Minta Restu Orang Tua
Jangan lupa untuk berdoa agar jurusan dan universitas yang kamu pilih tidak salah dan mintalah restu orang tuamu agar jurusan yang nantinya kamu tempuh dapat menjadi berkah tidak hanya untukmu tetapi juga untuk sekitarmu. Hal sederhana yang sering kamu lupakan tapi memiliki pengaruh yang besar pada hidupmu.

            Demikian tips agar kamu tidak salah dalam menentukan jurusan dan universitas yang kamu pilih. Semoga kamu mendapat kabar baik di pengumuman kelulusan SNMPTN nanti…. Dan jika tidak, kamu masih bisa mencoba SBMPTN dengan memperhatikan tips diatas sebelum membuat keputusan terhadap jurusan dan kampus yang akan kamu pilih.

Semoga bermanfaat…

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.