Header Ads

Hidup Sehat Ala Anak Kos

Gambar: Internet

Gardamedia.org-  Kebersihan adalah sebagian dari iman. Dan bersih pangkal sehat. Tidak jarang kita mendengar slogan tersebut yang sejak kita duduk di bangku sekolah dasar. Namun sebenarnya kita kurang memaknai peribahasa tersebut. Apalagi kata sehat untuk sebagian orang khususnya untuk anak perantauan yang sedang menimba ilmu atau sedang bekerja jauh dari jangkauan orang tua. Kost atau menyewa rumah sendiri menjadi pilihan alternatif  bagi kita anak perantauan yang tidak memiliki sanak saudara terdekat di tempat kita merantau. Dengan kata lain, kita akan jauh dari pandangan dan pengawasan orang tua. Yang dulunya, dari bangun pagi sampai tidur lagi segala keperluan kita diawasi dan disediakan orang tua, kini kita sebagai anak perantauan dituntut hidup mandiri.

            Kedengaran memang sangat mudah, bahwa hidup mandiri itu gampang. Namun itu memang secara teoritis, lalu bagaimana dengan praktiknya? Jujur saja bagi sebagian orang itu hal yang sangat sukar. Selain dituntut hidup mandiri di perantauan kita juga harus sehat agar segala aktifitas kita tidak satu pun yang terganggu.

Kesehatan adalah hal yang sangat penting. Setiap orang pasti mendambakan memiliki tubuh, pikiran, serta jiwa yang sehat. Kesehatan adalah keadaan di mana tubuh, pikiran dan jiwa merasa sehat, terhindar dari penyakit serta tidak memiliki beban pikiran yang berat atau kerap kali kita katakan “stress”. Menjaga kesehatan sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari yang kecil sampai yang besar, yang murah sampai yang mahal, atau yang mudah sampai yang tersulit sekalipun. Menjaga kesehatan juga dapat dilakukan dengan cara sederhana, yaitu menjaga pola makan teratur, mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 bergizi, hingga rutin melaksanakan olahraga.

Nah, untuk anak perantauan menjaga kesehatan adalah hal yang sangat sulit dikarenakan jadwal kuliah atau kerja yang sangat padat sehingga tidak mampu mengontrol kondisi kesehatannya. Apalagi di saat-saat baru memulai adaptasi dengan lingkungan baru, yang sama artinya harus beradaptasi dengan lingkungan baru yaitu lingkungan tempat tinggal, lingkungan kuliah atau kerja hingga ke dalam hal makanan.

Tinggal diperantauan yang notabenenya jauh dari orang tua bukan berarti kita juga jauh dari hidup sehat loh. Kita harus membiasakan diri dengan hidup sehat agar tidak terkena penyakit yang serius. Di sini ada beberapa tips penting untuk menjaga kesehatan kita sebagai anak kost:

1.      Perhatikan makanan yang dikonsumsi
Kita harus memperhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsi setiap harinya. Jenis makanannya harus sehat dan bergizi serta higenis. Jika membeli dari luar, pastikan bahwa kita tahu makanan itu diproses dengan bersih dan baik ya. Kalau kita memilih untuk memasak sendiri, usahakan ketika memilih bahan yang akan dimasak seperti sayur-sayuran dan lauk-pauknya harus yang masih segar dan belum berbau anyir. Sesekali juga kita harus menyediakan buah-buahan di kost kita sebagai persediaan. Ingat, 4 sehat 5 sempurna. Dalam memasak juga harus diperhatikan, bahwa sayur jangan terlalu matang agar tingkat vitaminnya masih terjaga. Juga ketika sedang memasak telur, usahakan kuning telur tidak sampai matang menyeluruh. Karena telur memiliki protein yang tinggi dan protein sangat rentan dengan panas. Jadi kalau telur tadi sampai dimasak dengan matang, kadar proteinnya akan hilang. Hindari juga menggunakan penyedap makanan (msg) yang berlebihan pada makanan. Selain itu ada beberapa poin penting di sini yaitu :

·         Pola makan. Usahakan untuk memiliki pola makan yang teratur. Yaitu sarapan pagi, makan siang, dan makan malam. Pola makan teratur akan membantu menjaga daya tahan tubuh dan memberikan kita energi lebih.
·         Masak sendiri. Selain sehat, keuntungan masak sendiri adalah akan membantu kita berhemat. Dan kita dapat menentukan menu apa yang ingin kita makan.
·         Membawa bekal saat beraktifitas. Saat melakukan aktifitas di luar seperti kegiatan kuliah, organisasi atau apapun ada baiknya kita membawa bekal. Dimaksudkan agar kita tidak repot ketika kelaparan dan tidak menunda-nunda jadwal makan kita. Sering menunda-nunda jadwal makan padahal organ lambung kita sudah “meminta” untuk diisi itu akan berdampak buruk loh. Contohnya terkena penyakit lambung (mag)

2.      Rutin berolahraga
Seringkali kita merasa malas berolahraga dengan alasan capek atau tidak sempat, padahal seharusnya olahraga menjadi aktifitas rutin dan memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Selain membuat tubuh kita sehat dan bugar, kita juga dapat mencegah penyakit serta menjaga daya tahan tubuh. Olahraga juga dapat menurunkan berat badan kita serta menjaga berat badan ideal kita. Olahraga banyak macamnya kok, dari yang lari, senam atau yoga. Nah, untuk anak kos ada baiknya memang kita memilih yang gratis nan menyehatkan. Untuk anak USU sendiri, kita tahu bahwa kita memiliki banyak tempat yang cocok dijadikan tempat kita berolahraga. Salah satunya Taman Biro Rektor, Stadion Mini, dan lain-lain. Selain gratis kita juga bebas kapan saja melakukan olahraga. Atau jika ada yang menyukai olahraga lain seperti bulu tangkis, futsal, basket, dan olahraga lain ternyata USU memiliki wadah untuk menampung kreatifitas serta bakat kita di tiap jenis olahraga yang kita minati loh.
Jadi jangan ragu untuk berolahraga, apalagi alasannya malas, capek dan parahnya mahal. Padahal olahraga adalah aktifitas yang murah bahkan gratis. Yang mahal adalah kesehatan, kalau sudah sakit kita akan dibebani dengan segala hal.

3.      Perhatikan pola belanja
Dalam penerapan pola hidup sehat anak kost, selain pola makan, jenis makanan, serta gaya hidup sehat yang dilakukan dengan cara olahraga, kita dapat pula mempertimbangkan mengenai pola berbelanja kita. Bukan bermaksud untuk menghemat pengeluaran, namun hal yang satu ini dianggap penting karena kita jadi bisa lebih selektif dan teliti dalam hal memilih bahan makanan atau list kebutuhan atau daftar belanja kita.

4.      Jaga kebersihan
Nah yang satu ini pasti penting banget kan? Karena kebersihan kost adalah salah satu penentu kita hidup sehat atau tidak. Memang, karena kita sibuk dengan kuliah atau kerja, serta tugas yang menumpuk membuat kita capek dan malas membersihkan kost. Tapi jangan sampai seperti itu ya. Kita wajib untuk membersihkan kost secara rutin. Kalau kostnya berbau tidak sedap, berantakan, jorok dan tidak terawat itu menyebabkan menjadi sarang penyakit dan kita akan gampang terserang penyakit. Jadi usahakan kita memiliki jadwal rutin untuk membersihkan kamar, jangan membiarkan pakaian kotor terus-terus menumpuk karena itu bisa menjadi sarang nyamuk, cuci bak mandi secara rutin tiap minggunya. Jangan lupa juga sprei, selimut, sarung bantal−guling dicuci rutin jika sudah mulai merasa tidak nyaman dipakai.

5.      Pilih tempat kost yang baik dan nyaman
Yang satu ini juga tidak kalah penting, karena selain membuat kita nyaman kita juga merasa tidak dirugikan dalam hal kesehatan. Jika sedari awal tempat kost itu jorok maka kita pun juga akan terkena imbasnya. Maka dari itu pemilihan tempat kost yang baik dan nyaman juga penting bagi kita. Pilih kost yang memiliki sirkulasi udara yang baik agar udara di dalam kost kita berganti dan tidak pengap. Pilih juga yang memiliki intensitas cahaya masuk yang paling banyak. Hal ini lebih baik dari pada kamar kost yang gelap dan tidak memiliki jendela yang memungkinkan sinar matahari masuk. Kamar kita akan lebih lembab dan pengap, jamur juga akan lebih mudah tumbuh subur dalam kamar kost kita jika tidak ada cahaya yang masuk. Perhatikan air dan listrik. Kost sebaiknya memiliki dua sumber air—sumur serta PDAM. Hal ini untuk mencegah ketika salah satu sumber air mati, Anda masih dapat menggunakan air. Namun tetap pergunakanlah air secara bijaksana dan tidak perlu berlebihan. Listrik juga jika tidak dipergunakan maka matikan saja agar menghemat penggunaan. Usahakan juga ketika kita mencuci dan hendak menjemur pakaian, pakaian kita terkena matahari dengan baik, agar sepenuhnya kuman di pakaian mati. Dan paling penting di sini adalah membuang sampah pada tempatnya, jangan menumpuk sampah di kost yang akan menyebabkan banyak nyamuk dan menjadi sarang penyakit.

6.      Rutin memeriksakan diri ke Poliklinik Universitas atau Rumah Sakit
Satu lagi nih yang merupakan poin penting menjaga kesehatan, yaitu rutin memeriksakan diri ke Poliklinik Universitas atau Rumah Sakit. Kita harus mengontrol kesehatan kita setidaknya dua kali dalam sebulan. Dimaksudkan agar jika kita menderita suatu penyakit akan diketahui lebih awal dan tidak berlarut-larut. Dan jika memang sakit, kita akan langsung ditangani lebih cepat untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Sekedar meminta vitamin saja juga boleh kok, kita kan juga lelah dan penat akibat aktifitas dan tugas-tugas kampus atau kerja sehari-hari. Jadi kita butuh penambah energi agar tubuh kita tetap fit. Jadi kalau sudah merasa tidak enak badan jangan ditahan-tahan ya, harus segera periksakan ke Poliklinik Universitas atau Rumah Sakit.


_________________________________
Penulis: Deby Hertian Br Pasaribu

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.