Header Ads

Solidaritas untuk Rohingya, Sejumlah Mahasiswa USU Gelar Aksi Dana


Gardamedia.org- Kondisi umat muslim Rohingya saat ini begitu memprihatinkan. Mereka bagai terasing di negara mereka sendiri. Penggusuran, pembakaran jasad hidup-hidup, pembakaran desa, pemerkosaan, hingga pembantaian secara massal sudah menjadi ancaman yang mereka hadapi setiap harinya. Penguncian akses bantuan untuk muslim Rohingya oleh Pemerintah Myanmar pun turut menambah beban yang mereka hadapi. 

Berangkat dari keprihatinan inilah sejumlah mahasiswa USU yang menamakan diri mereka Aliansi Mahasiswa Peduli Myanmar (AMPER) turun ke jalan untuk menggalang dana (25/11). Aksi yang dilaksanakan pada tiga titik (Simpang kampus USU, simpang lampu merah Setia Budi, dan simpang Sumber) merupakan bentuk kepedulian AMPER terhadap musibah yang menimpa muslim Rohingya. 

Wira Putra, mahasiswa jurusan Sastra Arab stambuk 2013 yang juga sebagai penggagas aksi ini berharap besar bahwa apa yang mereka lakukan bisa meringankan beban muslim Rohingya. Wira juga menyampaikan harapannya kepada pemerintah Republik Indonesia untuk turut serta membantu menyelesaikan masalah tersebut.

"Kami juga berharap pemerintah RI turut serta membantu muslim Rohingya, dan kalau bisa Presiden sendiri yang langsung mengambil sikap. Karena kami berfikir ini adalah sebuah pelanggaran HAM yang besar. Bisa dengan memutuskan hubungan bilateral kedua negara jika penindasan ini tetap berlanjut." tuturnya.

Kordinator lapangan pada aksi ini, Luwa Heru (nama panggilan), mahasiswa Ilmu Perpustakaan stambuk 2014 juga menyampaikan harapannya dengan terselenggaranya aksi ini.  

"Semoga aksi ini bisa menjadi pelopor dan pembangkit semangat sesama muslim agar lebih peduli terhadap saudara-saudara yang ada di Myanmar khususnya." ucap beliau. 

Heru juga mengatakan setelah aksi perdana ini, AMPER juga akan melakukan aksi susulan beberapa waktu ke depan. 

"Rencananya akan dilaksanakan aksi susulan dalam bentuk konser amal oleh beberapa nasyid di kota Medan, sekaligus penggalangan dana disana." tambahnya. 

Dana yang berhasil terkumpul pada aksi perdana ini sebesar Rp. 1.792.000 dan akan disalurkan melalui Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) kota Medan. 


Reporter Garda Media USU

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.