Memulai Kehidupan Kampus dengan Sejuta Prestasi - LPM Garda Media USU | Portal Berita Kampus

Memulai Kehidupan Kampus dengan Sejuta Prestasi

Share This

Gardamedia.org- Smart Generation Community (SGC) USU mengadakan Talkshow Inspiratif dan Seminar Beasiswa di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU pada Sabtu (01/10). Acara ini menghadirkan Jabbar Ali Panggabean sebagai mahasiswa berprestasi USU 2016 dan Rifai Muda Harahap sebagai Duta Lingkungan Mahasiswa Kota Medan. Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB tersebut dihadari oleh ratusan peserta. Terlihat dari antusiasme para mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas yang sudah berada di kawasan Aula sebelum acara dimulai.

          Pemateri pertama Jabbar Ali Panggabean atau yang lebih akrab disapa Bara, memulai Talkshow inspiratif dari cerita singkat mengenai prestasi yang beliau raih. 

"Dalam hal tulis menulis serta mengikuti kompetisi yang diperlukan adalah motivasi yang kuat dalam diri. Kenali diri, kenali siapa lawan kita dan kenali medan perang. Butuh tips dan trik jitu untuk bisa menggapai prestasi." tuturnya.

Mahasiswa yang mengenyam pendidikan di Ilmu Komputer USU ini juga mengatakan yang dibutuhkan bukan hanya mendapat nilai yang tinggi tetapi juga adanya soft skill melalui kontribusi karya, ide-ide menarik dan tentunya kemampuan berbahasa. Sebagai mahasiswa harus mempunyai target, mimpi dan tentunya action yang nyata.

Selanjutnya pemateri kedua Rifai Muda Harahap, mahasiswa  Fakultas Kehutanan USU ini mengatakan ada empat hal yang harus dilakukan untuk menjadi mahasiswa yang tidak hanya kuliah dan mendapatkan nilai bagus. Nilai bagus itu penting tetapi harus dibarengi dengan banyak prestasi

"Pertama, habis kan jatah gagalmu. Gunakan masa muda. Ikuti kompetisi yang ada dan jangan pernah takut gagal. Kegagalan yang telah kau gunakan semasa muda akan membuahkan hasil kesuksesan di masa yang akan datang. Kedua, do your best. Kalahkan dirimu. Kenali dirimu secara baik dan lakukan yang terbaik. Ketiga, jangan menunda waktu. Kebanyakan dari orang sekarang terlena dengan asa mudanya padahal masa muda adalah masa emas untuk menggali potensi diri. Duta Lingkungan yang sekaligus menjabat sebagai Presiden Smart Generation Community (SGC) ini mengatakan yang terakhir adalah tinggalkan zona nyaman. Tinggalkan apa saja yang membuatmu merasa tidak berkembang. Bergaul dengan mereka yang mempunyai motivasi yang sama agar kita juga semakin tergerak kearah perubahan."

Acara yang mengusung tema “Memulai Kehidupan Kampus dengan Sejuta Prestasi” ini juga mengadakan Seminar Beasiswa. Habibie dari Rumah Kepemimpinan, Ahmad Taufik dari Karya Salemba Empat dan Arung Buana dari Mahasiswa Bidik Misi. Di sesi ini para pembicara menyampaikan motivasi juga tips dan trik bagaimana mendapatkan beasiswa. Citra Novita Sari Damanik, salah satu peserta Talkshow Inspiratif dan Seminar Beasiswa, saat diwawancarai menyampaikan kesannya setelah mengikuti acara ini. 

"Acara ini simple tetapi bermakna. Dari sini dapat pengetahuan dan inspirasi baru, dan pastinya akan mencoba untuk mengikut lomba berikutnya sehingga dapat mengikuti jejak para pembicara sebagai mahasiswa yang berprestasi." tandasnya.

Rahmat Hidayat selaku ketua panitia menyampaikan acara ini dibuat untuk membantu mahasiswa khususnya para mahasiswa stambuk 2015 dan 2016 mengetahui beasiswa apa saja yang terdapat di kampus USU dan membantu peserta untuk bisa mengukir prestasi. 

“Kami juga ingin memberikan inspirasi kepada para mahasiswa baru untuk bisa berprestasi demi kemajuan Universitas Sumatera Utara sendiri. Bisa dilihat dari banyaknya peserta yang mendaftar bahwa mereka juga punya keinginan kuat untuk jauh lebih berprestasi.” ungkapnya. Rahmat juga berharap setelah acara ini para peserta bisa lebih berkontribusi dalam perlombaan serta mempunyai akademik yang baik.

Mahasiswa harusnya pandai mengatur waktu. Mahasiswa sebagai agent of change harus tahu kapan waktu mereka untuk beroganisasi dan kapan harus berprestasi, dan ini harus seimbang. Jangan menjadi mahasiswa yang aktif di keorganiasasian namun tidak mempunyai prestasi, begitu juga sebaliknya. Mahasiswa yang mengikuti acara ini diharapkan dapat membagi tips dan trik yang disampaikan kepada mahasiswa lain. Harapan terbesar dari Rifai Muda Harahap sebagai Presiden SGC sendiri adalah Mahasiswa USU dapat berprestasi secara global dan internasional. 

“Acara seperti ini harus ditingkatkan kembali, tidak hanya SGC namun beberapa komunitas yang berada dibidang keilmuan harus bersinergitas untuk membuat kegiatan seperti ini.” tutupnya.

Selanjutnya SGC akan mengadakan mentorship kepada para peserta untuk selanjutnya disaring dan dapat mengikuti agenda SmartOne yang nantinya akan menjadi keluarga baru dari Smart Generation Community.

Salam Cerdas, Kerja Keras, Hati Ikhlas, Maju Indonesia



Reporter: Nanda Rizka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages