Header Ads

Sambut Ramadhan, Mahasiswa Muslim se-Kota Medan Gelar Kegiatan Positif

Peserta tarhib berkumpul di depan Lapangan Merdeka, sabtu (28/5)

 Gardamedia.org - Bulan Ramadhan yang sudah hampir di depan mata tahun ini disambut sejumlah mahasiswa muslim kota Medan dengan mengadakan Tarhib (penyambutan) Ramadhan, Sabtu (28/5). Acara ini digagas oleh Aliansi Mahasiswa Muslim Medan (AM3) yang terdiri dari Forum Silaturrahmi Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Medan, dan UKMI Ad-Dakwah USU. Tak lupa 20 organisasi atau lembaga keislaman se-kota Medan lainnya juga turut bergabung mensukseskan acara ini diantaranya, KPA (Komunitas Pecinta Al- Aqsa), KNRP (Komite Nasional Rakyat Palestina), STAI As Sunnah, ODOJ Medan, Odoj Deli Sedang, dan FoSEI USU.

Peserta melakukan longmarch
Rangkaian acara tarhib ini terdiri dari dua agenda, Tabligh Akbar dan Longmarch.  Untuk Tabligh akbar diselenggarakan di Mesjid Raya Medan setelah sholat dzuhur dengan  mengusung tema “Ramadhan BaPer (Bawa Perubahan)” yang dibawakan oleh Ust. Muhammad Fadhly Sudiro. Komunitas Pecinta Al-Aqsa yang diwakili oleh Ust. Yusuf Mushafa Lc juga turut mengisi agenda pertama ini dengan membawakan materi “7 Keajaiban Palestina”. Kedua pemateri dalam ceramahnya sama-sama mengajak seluruh mahasiswa muslim untuk lebih peduli lagi terhadap saudaranya yang di Suriah dan Palestina serta menjadikan Ramadhan tahun ini jadi ajang perubahan menjadi muslim yang lebih baik lagi.

Peserta membagikan Al-Quran dan jadwal imsakiyah
Selepas sholat ashar, seluruh mahasiswa muslim dari berbagai universitas dan organisasi se-kota Medan yang hadir dalam acara ini selanjutnya  bersiap untuk melakukan longmarch yang dimulai dari Masjid Raya Medan dan berakhir di Lapangan Merdeka. Sepanjang longmarch ini seluruh peserta turut membagikan Al-quran, jadwal imsakiyah, dan fadhilah amal kepada warga yang ditemui. Selain itu, dalam acara ini pihak penyelenggara bekerja sama dengan KPA (Komunitas Pecinta Al-Aqsa) juga melakukan aksi penggalangan dana untuk umat muslim di Palestina yang sampai saat ini masih berada di bawah tekanan penjajahan tentara Yahudi. Dana yang terkumpul dalam aksi ini sebesar Rp. 2.727.500 dan akan disalurkan melalui Komite Nasional Rakyat Palestina (KNRP) Sumut.

 “Harapannya dengan acara ini dapat membangkitkan ruhiyah kembali dan mengingatkan lagi mengenai kondisi saudara-saudara kita disana,” ujar Geniung Yanpratidina (salah satu perserta dari UNIMED).


Reporter : Hanifah Aisyah


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.