Header Ads

Saatnya Mengintip Rutinitas Anak Farmasi USU

Sumber : iq@pharmacy_014

Gardamedia.org- Saat mendengar kata-kata farmasi, maka yang akan terlintas didalam benak kita adalah obat, apotek atau tukang jual obat. Akhirnya sampailah kita pada bagian ini, ta’arufan dengan anak farmasi. Eits, maksudnya mengenal rutinitas anak farmasi.

Oke, marilah kita mulai perlahan-lahan mengenal rutinitas anak farmasi, supaya tidak dikira tukang jual obat, atau tukang jaga apotek, atau tukang lainnya (hehe).

Pergi Pagi Pulang Malam
Gawat benar judul sub-bab diatas ya. Menjadi seorang mahasiswa farmasi adalah sebuah bentuk kesyukuran. Kenapa? Karena kamu adalah manusia terpilih yang dapat memperhatikan tanda-tanda kebesaran Tuhan. Disaat anak farmasi berangkat kuliah, disaat itulah matahari mulai menampakkan dirinya alias terbit atau “sun rise”, dan disaat anak farmasi pulang, disaat itulah bulan mulai bersinar indah di gelapnya langit malam.
Beruntung kan jadi anak farmasi?
Tapi usut punya usut, akhirnya banyak yang penasaran dan pada nanyain, itu anak farmasi ngapain aja di kampus? Ngapain ya?

The Real Life
Selain mengikuti perkuliahan teori, anak farmasi juga punya perkuliahan praktik (praktikum). Rutinnya anak farmasi itu dikala pagi berkutat dengan teori dan dikala siang berkutat dengan  praktikum. Karena perkuliahan teori sudah terlalu mainstream di kalangan mahasiswa, kita hanya akan bahas rutinitas anak farmasi selama praktikum.

In Laboratory
Detik-detik praktikum akan dimulai
Semua praktikan sudah harus stand bye di depan lab 15 menit sebelum praktikum dimulai. Semua praktikan akan membuat kelompok-kelompok, ada kelompok yang komat-kamit menghafal prosedur percobaan, ada yang sibuk membaca, eh, ada juga sibuk membaca mantra, “semoga tidak ada responsi, semoga tidak ada responsi, semoga tidak ada responsi” :D atau ada yang sibuk menulis japer (jawaban pertanyaan) dan ada yang sibuk menulis jurnal yang belum selesai.

Saat Praktikum
Praktikum pun dimulai, semua sibuk mempersiapkan alat-alat dan bahan-bahan. Saat-saat praktikum ini, harus waspada nih. Waspadalah, waspadalah! (udah macam bang napi :D). Waspadalah ketika memegang peralatan lab, karena kalau pecah atau rusak, asistennya akan berkata, “Apa yang pecah, GANTI 2!” (Pusing gak tuh? Udah alatnya mahal-mahal, disuruh ganti dua). Atau saat menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya, karena ceroboh menggunakan taruhannya nyawa. Lain lagi saat salah pengerjaan, praktikan akan cari cara supaya praktikumnya berhasil. Dengan bagaimana? Ambil lagi bahannya dan ulangi pengerjaan. (Nah, dimarahi gak tuh?), lalu datanglah asisten, “mana bahan kalian tadi?” , dengan polosnya si praktikan bilang, “dibuang kak” (GAWAT). Si asisten pun lansung marah-marah dan bilang “kami bon bahan itu sesuai kebutuhan kalian, gak ada lebihnya”. Alhasil, si praktikan dapat hukuman deh.

Setelah Praktikum
Setelah praktikum, anak farmasi akan sibuk dengan gadgetnya masing-masing. Main game kah, chattingankah, browsingkah? Noo ! Semua sibuk berkicau digrup praktikumnya, “besok acc!” “besok jurnal harus udah selesai”, alhasil waktu istirahat berkurang!, (udah pulang praktikumnya malam, harus buat jurnal lagi).

Pasca Praktikum
Lab menjadi tempat nongkrong terfavorit bagi anak farmasi pasca praktikum. Selalu saja ada yang nongkrong didepan lab, ada yang menulis jurnal, ada yang komat-kamit lagi belajar karena mau ambil nilai jurnal, ada yang nunggu asisten untuk acc jurnal. Jadilah anak farmasi seorang penulis yang multitalen, karena dimana-mana bisa menulis, alias menulis jurnal.

Faedah Menjadi Anak Farmasi 
Walaupun menjadi anak farmasi sangat sibuk, tapi kamu sebagai anak farmasi gak boleh menyesal masuk farmasi, karena sebenarnya kamu adalah orang yang paling beruntung, menjadi orang-orang terpilih, menjadi jiwa yang telaten, kepribadian yang tangguh, menghargai detik demi detik waktu yang kamu punya, teliti, penuh kehati-hatian dan tanggung jawab. Andaikan seorang farmasis tidak ditempa dengan rutinitas seperti itu, maka tidak akan ada obat yang mujarab. 

Penulis : Lolyta Fitri Mustanti

4 komentar:

  1. Hallo,

    Kami dari tim mesin pencarian blog telah meninjau artikel blog anda dengan alamat link: [ ]

    Hasil tinjauan kami menyatakan bahwa artikel ini akan kami index ke mesin pencari kami. Silahkan terbitkan komentar ini untuk verifikasi mesin pencari kami. Terima kasih.

    Domino 99 | Domino 99 Online | Agen Domino QQ | BandarQ | onebetqq.com

    BalasHapus
  2. isi artikel ini:
    http://www.gardamedia.org/2016/04/saatnya-mengintip-rutinitas-anak.html
    SANGAT BERMANFAAT..!!

    NAGAQQ.COM | AGEN BANDARQ | BANDARQ ONLINE | ADUQ ONLINE | DOMINOQQ TERBAIK
    http://www.idblogpedia.com/nagaqq-com-agen-bandarq-bandarq-online-aduq-online-dominoqq-terbaik/

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.