KPU USU Putuskan Perpanjang Masa Pendaftaran KAM - LPM Garda Media USU | Portal Berita Kampus

KPU USU Putuskan Perpanjang Masa Pendaftaran KAM

Share This
Suasan diskusi KPU USU bersama perwakilan tiap KAM & Presiden mahasiswa terkait perpanjangan pendaftaran KAM, (13/3) di sekret KPU USU

Gardamedia.org - Rapat Pleno KPU USU yang berlangsung pada rabu malam (13/4) dan dilanjutkan sampai kamis kemarin (14/4) memutuskan masa pendaftaran Kelompok Aspirasi Mahasiswa (KAM) peserta Pemira USU diperpanjang. Seperti yang diketahui, awalnya masa pendaftaran KAM akan berakhir pada 13 April 2016 pukul 18.00 hingga akhirnya diperpanjang sampai satu minggu tepatnya pada 19 April mendatang.

Keputusan perpanjangan ini diambil setelah melakukan berbagai pertimbangan. Dari keterangan salah satu anggota KPU, perpanjangan dilakukan karena sampai hari terakhir pendaftaran baru satu KAM saja yang sudah melakukan pendaftaran, yaitu KAM Bhinneka yang diusung oleh Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

"Menjelang penutupan pendaftaran itu, baru satu KAM saja yang daftar. Tapi berkas mereka belum lengkap, belum bayar uang pendaftaran juga," terangnya.

Sebelumnya rapat pleno pertama pada hari rabu sempat di skors. Dalam skors ini KPU USU memanggil perwakilan setiap KAM, yaitu KAM Bhinneka, KAM Rabbani, KAM Erat, KAM Nasionalis, KAM Perubahan, KAM Madani, dan KAM Demokrat. Pemanggilan ini dimaksudkan untuk mendiskusikan terkait masalah perpanjangan masa pendaftaran KAM. Semua KAM sepakat diperpanjang, kecuali KAM Bhinneka. Mereka menganggap KPU tidak netral dan sudah mendapat intervensi.

Peristiwa ini sempat menyebabkan perdebatan panjang antara KPU dan beberapa KAM, hingga akhirnya Presiden Mahasiswa (Brillian Amial Rasyid), serta beberapa senior tiap KAM ikut turun tangan  mencari solusi masalah ini. Saat situasi mulai mereda, KPU USU pun melanjutkan rapat pleno sampai tengah malam, sedangkan perwakilan KAM dipersilahkan untuk pulang. Pleno hari pertama ini di skors dan dilanjutkan pada keesokan harinya.

Menurut keterangan yang diperoleh dari anggota KPU juga, beberapa KAM yang telat melakukan pendaftaran disebabkan karena sehari sebelum penutupan, mereka (KAM) sempat mendengar kabar burung akan diadakannya perpanjangan. Hingga banyak KAM yang sedikit bersantai dan terlambat melakukan pendaftaran.


Reporter Gardamedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages