Header Ads

Biji Semangka Disulap Jadi Teh Dapat Mencegah Kanker

Gambar : Internet | Contoh hasil olahan biji semangka menjadi teh

Gardamedia.org - Tidak sedikit masyarakat yang telah membuktikan khasiat bahan herbal dalam meningkatkan kesehatan dan terapi penyembuhan penyakit. Salah satunya Semangka (Citrullus lanatus ) merupakan tanaman menjalar yang sangat disukai dikalangan masyarakat. Selain rasanya yang manis, semangka juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Biasanya masyarakat saat makan semangka langsung membuang, bahkan sengaja membeli semangka yang tanpa biji karena merasa terganggu saat memakannya. Tapi anda mungkin tidak tahu, ternyata biji semangka juga bermanfaat lho untuk kesehatan.

Biji semangka dapat dimanfaatkan sebagai obat penyembuh penyakit jantung. Zat yang terkandung dalam biji semangka mampu membantu mengatur tekanan darah. Selain itu juga dapat dijadikan sebagai peluruh kencing, menyejukkan radang kandung kemih, melembabkan usus, dan menyehatkan ginjal dan anti kanker.

Lycopene merupakan suatu zat yang terdapat didalam semangka dan biji semangka, yang berfungsi sebagai obat zat anti kanker. Artinya, zat lycopene dapat membasmi bibit kanker dan memperbaharui jaringan yang rusak sel kanker dalam tubuh. Selain bagi penderita tersebut, biji semangka juga bermanfat bagi para lansia, yaitu dapat memulihkan kesehatan setelah sakit dan berkhasiat menajamkan daya ingat. Bahkan menurut sebuah penelitian, biji semangka mempunyai protein yang setara dengan kedelai.

Agar dapat dikonsumsi dengan asik dan enak dikonsumsi biji semangka bisa diolah menjadi teh. Ini akan menyenangkan khususnya bagi kamu pecinta teh. Berikut adalah tahapan pembuatannya :

     1.      Pisahkan biji semangka dari dagingnya (sembari memakan daging semangka)
     2.      Cuci biji semangka yang telah dipilah.
     3.      Jemur biji semangka dibawah sinar matahari.
     4.      Giling biji semangka yang telah dikeringkan.
     5.      Simpan serbuk biji semangka dalam ruangan sejuk dan kering.
     6.      Keringkan serbuk biji semangka menggunakan oven.
     7.      Siap diseduh dan diminum.

Gimana, mudah bukan ? Silahkan dicoba, semoga bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan anda.



Sumber :
Wardhani, R. P., Ningsih, R. R., Ramadhona, R., Astuti, H. P., & Fitriyani, N. (2013). Teh Biji Semangka (Citrullus lanatus) Sebagai Obat Herbal Alternatif Jantung Dan Anti Kanker. Jurnal KESMADASKA.

Foto : acemaxs31.com, www.viaberita.com


Penulis : Hanifah Siti Aisyah

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.