PIKM : Ada Tiga Fondasi Utama Yang Harus Kamu Miliki Sebagai Mahasiswa - LPM Garda Media USU | Portal Berita Kampus

PIKM : Ada Tiga Fondasi Utama Yang Harus Kamu Miliki Sebagai Mahasiswa

Share This
Pameran Ilmiah dan Kreativitas Mahasiswa di Pendopo USU, Selasa-Rabu (10-11 November 2015)

Gardamedia.org - Selasa-Rabu, (10-11/11), Pendopo Universitas Sumatera Utara terlihat sibuk, terdengar hiruk pikuk dan lalu lalang orang-orang yang memadati tempat tersebut. Ada apa gerangan? Ketika memasuki pintu masuk pendopo terpajang spanduk lebar bertuliskan “Selamat Datang” dan setelahnya diikuti dengan tulisan “Pameran Ilmiah dan Kreativitas Mahasiswa”. Ada acara menarik disini.  

“Mewadahi mahasiswa dalam kegiatan ilmiah dan juga dalam kegiatan yang mengundang kreatifitas mereka agar mahasiswa tidak hanya pintar secara pengetahuan, namun juga harus ada skill dan attitude” jelas  Haris Wijaya selaku ketua panitia ketika diwawancarai mengenai latar belakang diselenggarakannya acara ini. Jadi, ada 3 fondasi, pengetahuan, skill, dan attitude tambahnya.

Acara yang bertema Inovasi dan Teknologi Mahasiswa Masyarakat Ekonomi ASEAN ini menarik animo yang luar biasa dari mahasiwa. Terbukti dengan bertambahnya peserta dari tahun sebelumnya. Bisa juga dilihat dari kemeriahan acara yang disajikan, banyaknya stand yang didirikan, dan tingkat partisipasi pengunjung yang notabene adalah mahasiswa USU sendiri. Stand-stand yang ada merupakan karya dari setiap fakultas dengan menampilkan ataupun menjual ide,revolusi berupa penelitian ilmiah, seni, serta kreatifitas yang mereka miliki. Mereka menawarkan sumber informasi pengetahuan kepada para pengunjung, menjelaskan program penelitian yang sedang diadakan, serta menjajakan hasil usaha. 

Dalam pergelaran ini juga diadakan UKM Expo. Tujuannya untuk memperkenalkan seluruh UKM yang ada di USU. Setidaknya ada 25 UKM USU yang sebagian besar belum diketahui mahasiswa karena minimnya informasi. Pameran ini juga memperkenalkan mahasiswa-mahasiswa sukses ber-omset milyaran serta berbagai lomba yang diikuti oleh seluruh kalangan mahasiswa.

Di akhir wawancara, Haris Wijaya (ketua panitia) juga menyampaikan harapannya atas terselenggaranya acara ini.


"Harapan terbesar setelah acara ini berlangsung adalah mahasiswa jangan hanya sekedar kampus dan pulang, mahasiswa harusnya lebih dari itu, mengikuti kegiatan-kegiatan ilmiah maupun kegiatan yang berkreatifitas agar skill, pengetahuan dan attitude mereka meningkat. Kampus sifatnya memfasilitasi mahasiswa-mahasiwa dan merekalah yang wajib mengembangkannya. Mahasiswa sebenarnya luar biasa, mereka hanya perlu pemicu sedikit agar keluar potensi terbaiknya” tutup beliau.

Penulis  : Nanda Rizka
Foto       : Fadhil Muzakkir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages