Header Ads

Dakwah Expo 8 : This is My Way

Rona Mentari bintang tamu yang tampil pertama di hari kedua Dakwah Expo ke-8.
Gardamedia.org - Hari kedua sekaligus hari terakhir Dakwah Expo ke-8 yang dilaksanakan UKMI Ad-Dakwah berlangsung lancar, Sabtu (14/11) di Pendopo USU.  Berbagai rangkaian acara dari pukul 08.00 -  17.00 wib apik berjalan.  Rona Mentari, gadis kelahiran 23 September 1992 menjadi bintang tamu yang tampil pertama  di kegiatan ini.

Rona adalah seorang story teller (pendogeng) muda yang memiliki prestasi dan pengalaman yang banyak dalam mendongeng. Tidak hanya dalam negeri tapi juga di luar negeri, tidak hanya berdongeng untuk anak-anak tapi juga remaja, dewasa bahkan orang tua juga dia lakoni. Selain Indonesia, Ia juga pernah berdongeng di  New Zealand, Swedia, Singapura,   Malaysia dan beberapa Negara lainnya. “Setiap manusia berbeda dengan makhluk lainnya, maka jadilah manusia yang berbeda dengan mengoptimalkan potensi. Tips menjadi manusia yang berbeda yaitu peka, PD, dan aksi” ungkapnya saat tampil di panggung. Tidak hanya bercerita tentang pengalamannya saja, Rona juga berdogeng di Dakwah Expo-8 dibantu dengan gitar kecil miliknya.  Saat diwawancarai Rona berpesan “Berdongenglah kepada siapapun dengan penuh nasehat, jangan terhenti disaat ada hambatan karena kebutuhan berbicara manusia lebih besar dibandingkan kebutuhan akan makan”.

Eka Nugraha, mantan DJ sharing kisah hijrahnya.

Pada sesi selanjutnya hadir Eka Nugraha sharing pengalaman hijrahnya. Pada sesinya diusung tema “Hijrah Ok, Bisnis Ok!”. Mantan DJ yang dulu sering bergelut di dunia malam, pemakai drugs, dan minum-minuman Alkohol ini adalah seorang pengusaha yang tergabung di HIPMI Medan. “Lakukan saja! Kalau kelamaan mikirin resiko nanti ya gak jalan-jalan usahanya” tegasnya saat menjawab pertanyaan salah satu peserta yang bertanya mengatasi rasa ketakutan saat ingin memulai bisnis.

Lelaki yang memiliki kening menghitam ini banyak mengungkapkan cerita masa silamnya. Kecelakaan tunggal saat mengendarai mobil ketika pulang dari tempat hiburan malam, menjadi awal kisah berhijrahnya. Mengaku menyukai musik sejak SMA. Seperti anak muda lainnya, dahulu dia adalah remaja yang ingin dikenal dan ingin selalu eksis di lingkungannya. Pernah tergabung dalam grup band, lalu mengembangkan minatnya ke DJ. Ketika mengalami kecelakaan yang parah itu, dia berada dalam keadaan kantuk dan sehabis menenggak alkohol. Katanya ia sempat tidak ingat kejadian ketika kecelakaan terjadi, tiba-tiba ia terbangun sudah dalam keadaan dirawat di rumahnya. Beliau mendapat nasihat dari orang tuanya agar mulai mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ayahnya pernah bertanya “Kapan terakhir kamu sedekah?” Ia pun tak bisa menjawab. Hingga akhirnya petunjuk Allah swt mulai terasa. Beliau menyusun niat  yang baik demi membenahi diri. Diundangnya ustad untuk mengajari agama Islam dan menasihatinya disetiap kamis malam. Ketika ia ingin memulai shalat lagi dia menemui sebuah masalah.  “Lidah saya keluh, terasa kaku saat membaca ayat-ayat mungkin itu karena saya tidak pernah shalat” kenangnya. Eka terus menjalani proses hijrahnya. Lucunya, Eka saat itu masih nge-DJ dan minum-minum tapi juga ingat untuk shalat. Sampai tiba kecelakaan kedua kalinya, lelaki berjenggot ini tersentak. Allah sepertinya ingin memberi pelajaran segera  meninggalkan kegiatan keji itu. Waktu demi waktu terus berjalan hingga akhirnya ia bertaubat dengan sebenar-benarnya. “Perubahan itu harus diambil dari dalam diri sendiri karena tidak akan ada yang mengambilnya selain diri sendiri” pesannya kepada penonton.

Seusai Rona  Mentari dan Eka Nugraha tampil, peserta (penonton) dihibur dengan konser grup Nasyid lokal yang pernah memenangkan lomba pada Dakwah Expo sebelumnya yaitu Clivo. Mereka tidak sendirian karena Uje Bara, seorang solois nasyid kondang ikut mencairkan suasana dengan suara merdunya. Tak ketinggalan aksi anak PPSDMS juga menghibur lewat atraksi bermain angklungnya.

Setelah dihibur, peserta diajak mendengarkan talkshow inspiratif dari salah satu dosen berprestasi di USU dan dua orang pemuda pertukaran pelajar. Kemudian juara lomba diumumkan. Seluruh rangkaian acara dengan mendatangkan sosok-sosok inspiratif ini menjadi puncak dari seluruh kegiatan Dakwah Expo 8 yang bertema “This is My Way”. Akhir acara ditutup dengan do’a yang dibawa ketua UKMI Ad-Dakwah.



Penulis : Nur Rohim dan Rahmad Arif Siregar.
Foto : Nur Rohim







Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.