Header Ads

Angka Nol Penuh Arti

Ilustrasi : www.anneahira.com

           Di dunia ini kita mengenal berbagai angka. Sejak kecil kita diperkenalkan oleh orang tua dan orang-orang di sekitar kita mengenai angka. Angka satu sampai angka sepuluh, menjadi angka-angka yang mendasar yang harus kita ketahui. Bahkan, ketika seorang anak belum mampu berbicara dengan baik, orang-orang di sekitarnya mengucapkan angka-angka secara berulang kali agar sang anak mengikuti dan memasukkannya ke dalam memori mereka.

          Namun sayangnya, di setiap penghitungan jarang bahkan tidak pernah orang tua memperkenalkan anak dengan angka nol (0). Walaupun ketika masuk sekolah, guru-guru pasti mengajarkannya. Tetapi, pada dasarnya angka nol merupakan salah satu bagian dari angka. Dan satu hal yang penting, tahukan anda siapa penemu angka nol?

          Ternyata penemu angka nol berasal dari Iraq. Dia adalah seorang yang dikenal dengan sebutan Al-khawarizmi. Nama lengkap beliau adalah Muhammad bin Musa Al-khawarizmi. Mungkin banyak orang-orang yang tidak mengetahui bahwa Al-khawarizmi adalah penemu angka nol.  Beliau adalah seorang ilmuwan muslim yang lahir di Khiva (Iraq) pada tahun 780. Dia bukan hanya ahli di bidang matematika, tetapi juga ahli di bidang geografi, sejarah dan juga ahli di bidang seni.

            Dunia seolah memutar balikkan fakta. Membuat persepsi masyarakat menganggap bahwa gudang ilmu pengetahuan berasal dari barat. Padahal, banyak penemuan-penemuan penting di dunia ditemukan oleh ilmuan muslim. Tapi, tahukah anda, sejatinya gudang ilmu pengetahuan berasal dari kawasan Timur tengah yaitu Mesopotamia yang menjadi peradaban tertua didunia. Dunia ini patut berterima kasih pada tokoh ilmuwan muslim yang satu ini, karena telah menemukan angka nol. Walaupun bentuknya hanya melingkar(bulat), angka nol ini begitu berarti. Apalah artinya angka sepuluh, bila tidak ada angka nol. Angka tersebut hanya akan disebut angka satu. Apalah artinya angka seratus, bila tidak ada dua angka nol dibelakangnya.

            Namun, di sisi lain penggunaan angka nol ini bisa menjadi bumerang untuk sebagian profesi, contohnya seorang akuntan. Salah meletakkan angka nol satu saja, maka penghitungan pun tidak akan akurat dan balance. Sadar hal ini, kita patut membuka mata hati kita bahwa peradaban ilmu pengetahuan banyak sekali dibawa oleh para ilmuwan muslim. Bahkan hal kecil, namun sangat krusial, yakni angka nol saja ternyata ilmuwan muslim yang menemukannya. Tidak hanya angka nol, perihal tata surya dan bidang kesehatan pun ilmuwan muslim lah yang memegang peranan besar dibelakangnya, yang hingga detik ini dipakai di belahan bumi manapun. Maka dari itu, lebih banyak membuka cakrawala kita, hal kecil seperti angka nol pun membawa dampak besar dan penuh arti bagi dunia.



Penulis : Rizky Chairani

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.