Header Ads

Khazanah Pengetahuan :Kaum-kaum Yang Mengingkari Janji Allah

Sumber gambar : Internet

Gardamedia.org - Berita-berita tentang kaum terdahulu yang merupakan bagian penting dalam Al-Qur'an jelas merupakan hal yang patut kita renungkan. Sebagian besar dari kaum ini mengingkari, bahkan memusuhi para nabi yang diutus kepada mereka. Kelancangan mereka telah mengundang kemurkaan Allah dan mereka pun disapu bersih dari muka bumi.

Al-Qur'an menjelaskan bahwa peristiwa-peristiwa menghancurkan ini hendaknya menjadi peringatan bagi generasi berikutnya. Sebagai contoh, Allah langsung menyampaikan firman-Nya setelah menggambarkan hukum atas kelompok Yahudi yang menentang Allah.

"Maka kami jadikan (yang demikian) itu peringatan bagi orang-orang pada masa itu dan bagi mereka yang datang kemudian serta menjadi pelajaran bagi orang-orangyang bertaqwa." (QS Al-Baqarah : 66)

Dalam banyak sumber, kita dapat menelaah kisah masyarakat masa lampau yangtelah dihancurkan karena penentangan mereka terhadap Allah. Sorotan atas semua peristiwa tersebut merupakan contoh bagi manusia pada masa itu dan kini sehingga semuanya bisa dijadikan sebagai sebuah "peringatan".

Selain itu, penghancuran kaum-kaum tersebut adalah untuk menunjukkan bahwa apa yang diungkapkan oleh Al-Qur'an benar-benar terjadi didunia dan membuktikan keontetikan cerita dalam Al-Qur'an. Di dalam Al-Qur'an, Allah menjamin bahwa ayat-ayat-Nya dapat diamati pada konteks dunia luar. (Harun Yahya, Jejak Bangsa-Bangsa Terdahulu, 2007)


Penulis   : Tara Batubara

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.