Header Ads

Bayar Zakat Fitrah, Wajib gak ya?



Tau gak apa itu zakat fitrah?
Zakat fitrah adalah zakat pembersih diri  yang diwajibkan kepada setiap orang islam, laki-laki, perempuan, besar atau kecil, dengan ketentuan punya kecukupan biaya untuk diri dan keluargan pada malam dan siang Hari Raya Idul Fitri.
Zakat fitrah ini hanya dibayar sekali setahun, beratkah itu? Dibandingkan dengan rezeki yang selalu Allah limpahkan kepada kita, berupa gaji yang didapat setiap bulannya atau terkadang mendapat rezeki yang tak terduga.


Kenapa sih harus bayar zakat ?
Pertama, membayar zakat termasuk salah satu rukun islam. Jika kita termasuk orang-orang beriman, maka sudah seharusnya kita membayar zakat.

Kedua, karena Allah SWT dalam Al-Qur’an banyak berfirman menyuruh kita untuk membayar zakat yang salah satunya dalam QS Al-Baqarah 2 :110 yang artinya :
“Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat.  Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Alah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan.”
Dan dalam hadist juga disebutkan :
Dari Ibn Umar radliallahu ‘anhuma, beliau berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitrah dengan satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum, kepada setiap budak atau orang merdeka, laki-laki atau wanita, anak maupun dewasa, dari kalangan kaum muslimin. Beliau memerintahkan untuk ditunaikan sebelum masyarakat berangkat shalat id.” (HR. Bukhari)

Allah telah memerintahkan dan mewajibkan untuk membayar zakat, begitu juga dengan Rasulullah. Sebagai hamba Allah yang beriman dan sebagai umat Rasulullah yang ta’at, apakah masih tidak mau untuk membayar zakat? Terlebih hukumnya saja sudah wajib berarti jika kita lalai atau tidak mengerjakannya maka akan mendapat ganjaran yakni dosa besar. Na’udzubillahimindzalik…

Ketiga, dengan membayar zakat kita menolong sesama umat muslim yang membutuhkan agar bisa merasakan nikmatnya Hari Raya. Alangkah indahnya jika semua umat muslim bersenang ria di hari kemenangan tanpa kekurangan makanan. Tidakkah kita sedih jika kita memiliki makanan berlimpah sedang disatu sisi masyarakat muslim di dekat kita ada yang sedang kelaparan ? Jawab pada diri masing-masing ya.

Nah, jangan lagi ada yang tidak mau membayar zakat fitrah, terlebih di Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Ingat ini hanya sekali setahun dan WAJIB untuk dikerjakan. Jikalau kita belum memiliki kewajiban untuk membayar zakat, minimal ingatkanlah orang menanggung pembayaran zakat fitrah untuk kita.

Semoga Allah selalu menerima amal ibadah kita.

Penulis : Hanifah Siti Aisyah

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.