Rahasia Subuh Para Pejuang - LPM Garda Media USU | Portal Berita Kampus

Rahasia Subuh Para Pejuang

Share This

Foto Ilustrasi Sholat Subuh


Bangun di pagi hari , habis itu jangan tidur lagi . Nanti rezekinya dipatok ayam”
Sering sekali kita mendengar slogan tersebut . Tapi tak sedikit dari kita yang tidak memperdulikan apa makna yang terkandung didalam slogan tersebut . 

Kebanyakan orang sangat malas untuk bangun dipagi hari. Mereka malas menggerakkan badannya apalagi membuka matanya. Terutama jika mereka tidur larut malam sekali yang mungkin disebabkan banyaknya tugas (lembur), terlalu capek ataupun insomnia. Padahal banyak sekali manfaat dari bangun pagi. Tanpa kita sadari, akan ada banyak rezeki yang datang ketika bangun lebih awal  di pagi hari. Misalnya kita bisa menghirup udara yang lebih segar daripada mereka yang bangun tidak lebih awal, jasmani lebih sehat, otak kita lebih fresh, melancarkan peredaran darah, dan lain-lain.
Allah juga memberikan kebutuhan kepada kita dipagi hari, yaitu sholat Subuh 2 rakaat . Seperti firman Allah dalam surah Al-Isra’ ayat 78 yang artinya : 

Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam, dan dirikanlah pula sholat Subuh. Sesungguhnya sholat Subuh itu disaksikan oleh malaikat” .

Dalam adzan sholat subuh pun, terdapat sedikit perbedaan dari adzan-adzan waktu sholat lainnya, yaitu adanya tambahan kalimat “Assholatu Khairum Minannaum” yang artinya “sholat lebih baik daripada tidur” .

Kita juga sering berfikir, mengapa dari sholat fardhu 5 waktu hanya sholat subuh yang paling sedikit rakaat-nya,  yaitu cuma 2 rakaat ? Para ulama mencoba menjelaskan alasannya, yaitu karena saat tersebut adalah saat dimana manusia baru saja bangun dari tidurnya, yang terkadang rasa ngantuk masih mempengaruhinya dan kemalasan tidur masih berbekas, maka diringankanlah untuk shalat subuh hanya 2 rakaat .
Tidak hanya itu, kita juga di sunnah kan untuk melakukan sholat rawatib 2 rakaat sebelum subuh , seperti  Hadits Nabi Muhammad SAW  :

  رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مَنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيْهَا
“Dua rakaat (sebelum) Subuh lebih baik daripada dunia dan seisinya” [HR. Muslim]. 

Sholat bisa diartikan sebagai kegiatan menghadap Tuhan, yang dimulai dari takbiratulihram lalu diakhir dengan salam dengan syarat dan tahap tertentu. Sholat juga membutuhkan tenaga untuk menggerakkan badan. Dan dibalik gerakan itu semua terdapat banyak sekali manfaatnya, seperti  posisi rukuk yang berfungsi untuk  menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Juga posisi sujud yang memompa aliran getah bening hingga ke leher dan ketiak, sehingga  Posisi jantung di atas otak menyebabkan darah kaya oksigen yang bisa mengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang dan  juga menghindarkan gangguan wasir. Gerakan rukuk dan sujud memiliki manfaat yang sangat baik terhadap kaum wanita dalam hal kesuburan dan organ kewanitaan.  Dan masih banyak lagi manfaat gerakan-gerakan sholat yang lainnya .
Nabi Muhammad SAW juga mendo’akan umatnya yang bangun di pagi hari seperti Hadits berikut :

"Nabi shollallahu ’alaih wa sallam berdoa: “Ya Allah, berkahilah ummatku di pagi hari.” Rasulullahshollallahu ’alaih wa sallam biasa mengirim sariyyah atau pasukan perang di awal pagi dan Sakhru merupakan seorang pedagang, ia biasa mengantar kafilah dagangnya di awal pagi sehingga ia sejahtera dan hartanya bertambah.” (HR Abu Dawud 2239)

Nabi saja mendoakan umatnya yang bangun di pagi hari. Jadi , sudah sangat jelas bahwa ada banyak sekali keistimewaan yang kita dapatkan jika kita bangun lebih awal dipagi hari.  Memang, jika kita sudah bangun pagi  tak urung kita merasakan mata kita agak sedikit berat karena mungkin kita tidak terbiasa ataupun kita masih merasa lelah .

Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan agar  kita bisa bangun lebih pagi dan tidak mengantuk :
 1.       Niat
Niatkan kalau kita akan bangun lebih awal daripada biasanya
2.       Sholat
Sholat merupakan olahraga jasmani dan rohani. Tidak hanya ketenangan jiwa yang kita dapatkan, tetapi juga gerakan-gerakan yang mengandung sejuta manfaat . Dan didalam sholat, tubuh kita sudah mulai bergerak dan bisa mengurangi sedikit rasa kantuk kita.     
3.    Jogging atau Olahraga
Olahraga dipagi hari sangat baik untuk kesehatan, seperti  menjaga berat badan, meningkatkan daya ingat, menghindari hipertensi dan lain-lain.  
4.   Mandi
Hal ini mungkin sudah menjadi kegiatan rutin setiap orang . Tetapi tak sedikit dari kita sangat malas untuk melakukanya karena alasan airnya masih terlalu dingin. Tapi tahukan anda dibalik air dingin tersebut bisa  melancarkan sirkulasi darah anda, meningkatkan sistem daya tubuh, mengurangi tingkat stress pada fikiran, dan juga meningkatkan kesehatan rambut kepala anda.
            Mulailah membiasakan diri untuk bangun lebih awal dari biasanya. Apakah kita masih mau menyia-nyiakan nikmat yang tiada tara  yang Allah berikan kepada kita dipagi hari ?


Penulis : Mahdawani Lubis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages