#KAA4Palestine - LPM Garda Media USU | Portal Berita Kampus

Orasi berlangsung di depan Pintu 1 USU, Jalan Dr. Mansyur, Rabu (22/4)

Gardamedia.org - Bermula dari negara-negara yang baru memperoleh kemerdekaan pasca berakhirnya perang dunia ke II, Konferensi Asia-Afrika (KAA) terbentuk. Kekhawatiran terhadap keamanan dunia yang belum stabil dan masih terjadinya perang dingin antara pemimpin Blok Barat (Amerika Serikat) dan Blok Timur (Rusia) menjadi alasannya.

Kini KAA telah mencapai usia ke 60 tahun. Indonesia menjadi tuan rumah dalam peringatan KAA-60 yang berlangsung di Bandung dan Jakarta, Minggu-Jum’at (19-24/4). Bersamaan dengan peringatan tersebut, para aktivis dakwah Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar aksi.

Saat aksi, para aktivis dakwah kampus membawa beberapa bendera
Palestina sebagai bentuk dukungan atas kemerdekaan mereka.
Digerakkan oleh Lembaga Dakwah Kampus Unit Kegiatan Mahasiswa Islam  Ad-Dakwah (LDK UKMI Ad- Dakwah) USU, aksi berjalan dengan tertib. Mengusung tema “KAA4Palestine”, Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) dari seluruh 15 fakultas USU ikut meramaikan. Tujuan aksi ini ialah menyuarakan tuntutan komitmen  kepada 106 wakil negara dan 19 organisasi internasional yang hadir berpartisipasi dalam forum KAA untuk memperjuangkan Palestina dan penyelesaian konflik di berbagai negara.

Aksi kali ini terdiri dari serangkaian kegiatan. Dimulai dengan longmarch dari Pendopo USU hingga berhenti  di depan Pintu Satu USU, Jalan Dr. Mansyur, Rabu (22/4).  Dilanjutkan orasi dari berbagai perwakilan LDF USU. Aksi semakin dramatis dengan dibacakannya puisi di sela-sela aksi berlangsung. Para aktivis dakwah kampus juga membagikan flyer yang berisi dukungan kemerdekaan Palestina kepada para pengguna jalan yang berlalu-lalang. 

“Aksi yang kita lakukan merupakan cara yang efektif, agar pemerintah-pemerintah tau dan ini juga salah satu wujud nyatanya kita memberikan kasih sayang kepada mereka” kata Yani, mahasiswi Psikologi USU.

“Semoga aksi ini membuat masyarakat dan mahasiswa tau kondisi Negara di Timur Tengah khususnya Palestina, walaupun kita tidak dapat berbuat banyak namun kita peduli dan berikutnya dapat memberikan bantuan-bantuan. Kepada pemerintah, agar menjalankan komitmen yang pernah disepakati dalam KAA dalam memerdekakan negara adidaya di Asia-Afrika khususnya Palestina “ ujar Nanda Tryhadi selaku Ketua Umum LDK UKMI Ad-Dakwah USU.



Penulis : Hanifah Siti Aisyah
Editor : Inggit Suri Chairani
Foto : Miya Andina 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages