Header Ads

Gerhana Bulan, Manjakan Setiap Mata Yang Melihat


Tampak Gerhana Bulan Sabtu (04/4)  pukul 18.57 WIB
Foto : Ratih Oktri Nanda


            Gardamedia.org – Beberapa bulan sejak peristiwa bulan purnama terakhir (Oktober 2014), malam ini Sabtu (04/4) langit kembali dihiasi dengan fenomena “Bloody Moon”. Kontak awal gerhana adalah pada pukul 18.57 WIB. Namun bulan yang berwarna kemerahan ini tampak membentuk sabit sekitar pukul 19.20 WIB. Selang beberapa menit kemudian, kemerahan menghilang dan kembali seperti bulan purnama seperti biasanya.


            Dalam peristiwa gerhana bulan ini, tiga benda langit dalam tata surya kita yakni, matahari, bumi dan bulan akan berada dalam satu garis lurus dengan bumi berada di tengah-tengahnya, sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi. Ketika gerhana muncul, beberapa umat muslim di berbagai daerah pun menunaikan sholat sunah gerhana, dan dianjurkan untuk mengumandangkan gema Takbir sebelum memulai sholat.


Tampak Gerhana Bulan Sabit mulai kembali seperti bulan purnama biasa


              Sejumlah masyarakat terlihat begitu antusias dengan fenomena ini. Seperti yang terlihat dalam akun instagram misalnya, beberapa citizen dalam negeri, mereka berkunjung ke Planetarium dan Observatium Taman Ismail Marzuki Jakarta untuk melihat gerhana bulan secara langsung, tentu saja dengan alat yang lebih canggih. Sementara itu negara jiran, tepatnya di Royal Wharf, Waterfront, Bandar Seri Begawan terlihat beberapa masyarakat dan photografer berkumpul untuk menyaksikan serta mengambil gambar fenomena yang cukup langka ini.



Penulis  : Ratih Oktri Nanda























































Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.