UKMI Ad-Dakwah Masuki Usia Remaja Akhir - LPM Garda Media USU | Portal Berita Kampus

UKMI Ad-Dakwah Masuki Usia Remaja Akhir

Share This
Suasana saat acara berlangsung

 
            Medan (16/12)- Kini, Lembaga Dakwah Kampus terbesar di Universitas Sumatera Utara (USU) yaitu UKMI Ad-Dakwah USU genap berusia 19 tahun. Dalam acara peringatan kelahirannya, UKMI Ad-Dakwah mengadakan beberapa kegiatan yang ditujukan kepada seluruh mahasiswa muslim di USU. Diantaranya ialah Dialog bersama 15 Ketua Umum Lembaga Dakwah Fakultas (LDF); Pemotongan tumpeng oleh Presiden Mahasiswa USU Brilian Amil Rasyid (Ekonomi Pembangunan 2010), dan Ketua Umum UKMI Ad-Dakwah Rahmat Faizal (Ekonomi manajemen 2010); makan bersama dan menonton video profil organisasi; serta taujih oleh Agus Kuncoro, yang merupakan orang terdahulu menyenyam pendidikan dan hidup berorganisasi di wilayah kampus.
            UKMI Ad-Dakwah adalah sebuah organisasi keislaman pertama dan satu-satunya di USU yang membawahi 15 LDF. Sebagai Induk Lembaga Dakwah USU, UKMI Ad-Dakwah memiliki banyak peran untuk membawa kampus menuju kampus madani berciri khas islami. 
Potong tumpeng oleh Presiden USU dan Ketua Umum UKMI Ad-Dakwah




            Menoleh ke sejarahnya, UKMI Ad-Dakwah USU didirikan di Medan, tanggal 16 Desember 1995 dan berkedudukan di Masjid Dakwah Kampus USU. Mulanya, UKMI Ad-Dakwah merupakan kelanjutan dari sebuah organisasi mahasiswa Islam yang bernama Bina Mahasiswa berbasis di Mesjid Dakwah Kampus USU lalu berubah bentuk dan fungsi. Sebelumnya, organisasi ini hanya berupa kelompok pengajian eksternal kampus semata. Kegigihan dan keuletan para pelopor pendirinya dalam menegakkan syi’ar Islam, berhasil memancing perhatian khusus dari pihak birokrat kampus saat itu. Hingga akhirnya lembaga ini berubah bentuk, fungsi serta nama menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (UKMI) dengan nama lengkap UKMI Ad-Dakwah USU.
            Pada Miladnya kali ini, “Dakwah Kami” menjadi tema yang diusungkan. Sedangkan “Berwarna dan Menginspirasi” menjadi iyel-iyelnya. Dialog antar Pimpinan LDF menjadi sangat menarik. Ditambah apik dengan balutan bahasa ringan dan menarik Rifal Sapta Hadi (Akutansi 2010) yang ketika itu menjadi moderator.
            Satu per satu pimpinan LDF diberi waktu untuk mendeskripsikan apa itu “Dakwah kami” menurut mereka. Kemudian dilanjut dengan menanyakan hal-hal lain seputar Dakwah. Juga pada perhelatan ini menghadirkan demisioner Ketua Umum UKMI Ad-Dakwah USU 2013 Dicky Arya Dharma (Teknik Mesin 2010) dan seluruh elemen mahasiswa dari seluruh Fakultas di USU.
            Lewat bincang-bincang hangat ini, diharapkan akan banyak output yang diperoleh. Baik, kritikan dan masukan kepada UKMI Ad-Dakwah, ataupun dapat juga lebih merekatkan  tali silaturahmi. Dalam berdakwah akan dijumpai jalanan terjal berbatu. Bila hati ikhlas maka semua akan mudah terlewati . Barakallah kepada UKMI Ad-Dakwah. Semoga UKMI Ad-Dakwah bisa lebih bijak dan professional dalam menyikapi segala sesuatu.
Aamiin Allahumma Aamiin



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages