Rukun Iman Berita, Penasaran? (Bagian 1) - LPM Garda Media USU | Portal Berita Kampus

Rukun Iman Berita, Penasaran? (Bagian 1)

Share This
www.gardamedia.org USUJadilah wartawan yang cerdas! Dia harus cerdas memilih angle, cerdas memilih kata serta juga cerdas dalam melibatkan emosi pembaca dalam tulisannya. Sehingga ada pembaca yang akan tertawa, bersedih bahkan sampai menangis hanya gara-gara membaca sebuah tulisan yang dimuat diportal berita.

Jadila wartawan yang cerdas! Yang menulis dengan hati, bercerita dengan logis, mengalirkan berita dengan ringan, gampang dimengerti, mencerdaskan sebanyak mungkin pembaca, dan menghibur. Menjadikan hal-hal yang berat, rumit dan teknis, tiba-tiba menjadi mudah dicerna dalam tulisan.

Salah satu wartawan senior yang cerdas dalam meramu aksara adalah Dahlan Iskan. Dia jugalah yang menganjurkan para penggiat jurnalistik untuk tahu dan ikut memahami ‘Rukun Iman’ Jurnalistik. Bagi umat Islam tentunya Rukun iman adalah sebuah keharusan yang tidak boleh ditinggalkan. Apapun yang terjadi, harus dipegang teguh. Demikian pula dalam menulis karya jurnalistik. Ada yang harus dipegang teguh, tidak boleh ditinggalkan.

Rukun yang pertama, Tokoh.
Semua peristiwa menyangkut tokoh layak berita. Misalnya, Gubernur Sumatera Utara ikut sambangi pengungsi Sinabung. Berita ini akan lebih diminati pembaca daripada disamping laman lainnya ada yang memberitakan bahwa salah satu mahasiswa dari Universitas menggalamg dana buat korban Sinabung.

Rukun kedua, Besar.
Semua berita besar, adalah layak untuk diberitakan. Misalnya, Kebakaran di Aceh tegur warga agar tidak lalai meninggalkan dapur.

Rukun ketiga,  Dekat.
Semua peristiwa yang terjadi didekat kita akan lebih diminati pembaca daripada berita Internasional yang letaknya lebih jauh dari kita.

Rukun keempat, Yang Pertama.
Semua peristiwa yang baru saja terjadi akan menjadi nilai tambah yang baik buat tulisan junalistik kawan-kawan. Apalagi  peristiwa tersebut merupakan hal yang baru yang baru ditemukan.

Next Rukun Iman Berita, (Bagian 2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages